Infografis Banjir Jakarta di Lautan Media Sosial

Marketing – Baru-baru ini, Red Communication (Redcomm) dan Crimson Agency (Crimson) mengeluarkan infografik temuan seputar pembicaraan di media sosial terkait banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya pada awal tahun 2020 lalu.

Dengan menggunakan platform social listening, Redcomm dan Crimson menarik data dari tanggal 31 Desember

2019 sampai minggu pertama Januari 2020 ini, dengan menggunakan sejumlah kata kunci yang terkait dengan topik banjir.

Deden Purnamahadi, Direktur Crimson  mengatakan, dalam topik tersebut, kata “Banjir” muncul 1,8 juta kali dalam 3 hari pada topik krisis banjir di Jakarta. Selain itu, dalam 30 hari terakhir, perbincangan mengenai Anies Baswedan meningkat diperbincangkan ketika orang-orang mulai bicara tentang topik banjir, bahkan melebihi dibandingkan dengan topik kontroversial penghargaan untuk Colosseum.

“Gubernur DKI mendapatkan cuitan sebanyak 287,2 ribu yang menyebutkan @aniesbaswedan dalam 4 hari sejak 31 Januari 2019 sampai 3 Januari 2020, dan 38% di antaranya adalah twit mengandung kata “banjir”,” kata dia.

Sebagian besar percakapan terjadi di Twitter dan mendapatkan reaksi negatif yang tinggi juga di Twitter. Tidak hanya sentimen negatif tentang pemerintah, ada banyak pembicaraan positif yang mengajak orang untuk tidak hanya menyalahkan gubernur atau siapapun, akan tetapi ketidakpedulian bersama dan isu lingkungan. Menariknya, 79.7% dari seluruh pembicaraan datang dari Jakarta, selebihnya dari berbagai daerah di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.