Infrastructure Connect 2022 Hadirkan Konferensi Pentingnya K3 & Kompetensi Pekerja 

0
18
Infrastructure Connect 2022

Marketing.co.id – Berita Properti | INFRASTRUCTURE CONNECT! 2022, kegiatan pameran dan konferensi jasa konstruksi dan infrastruktur sedang berlangsung di Jakarta International Expo Hall D2.  Selain itu, menghadirkan konferensi bertema ‘K3 Sebagai Dasar Usaha yang Berkelanjutan, Resilien, dan Tangguh’, yang akan dilaksanakan pada Jumat 25 November 2022 bertempat di Plenary Room Hall D2.

Infrastructure Connect 2022

Seperti diketahui, konstruksi dan infrastruktur adalah industri dengan tingkat risiko yang tinggi, terutama bagi para pekerjanya yang memiliki risiko kecelakaan kerja seperti terjatuh, kecelakaan dalam penggunaan mesin dan peralatan konstruksi berat. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mencatat, jumlah kecelakaan kerja di Indonesia sebanyak 234.270 kasus pada 2021. Jumlah tersebut naik 5,65% dari tahun sebelumnya yang sebesar 221.740 kasus .

Salah satu upaya untuk menekan risiko kecelakaan kerja adalah dengan memberikan pengetahuan yang memadai tentang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dan meningkatkan kompetensi para pekerja di bidang jasa konstruksi dan pembangunan infrastruktur. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia terus melakukan percepatan program sertifikasi tenaga kerja di industri infrastruktur sesuai dengan Undang-Undang Jasa Konstruksi Nomor 2 Tahun 2017 Pasal 70 mengatur bahwa setiap pekerja konstruksi yang bekerja di sektor Konstruksi wajib memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja .

Adapun konferensi ini akan dibuka oleh Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang PUPR & Infrastruktur, Ir. Insannul Kamil, Ph.D, IPM, ASEAN Eng. Beberapa tajuk menarik yang akan membahas diantaranya Peran Asosiasi Profesi Dalam Pembinaan Kompetensi K3 Konstruksi; Lessons Learned dalam Implementasi K3 Konstruksi di Indonesia; dan Peran Keselamatan Konstruksi dalam Penyelenggaraan Proyek Konstruksi Berkelanjutan.

Lebih lanjut, upaya untuk meningkatkan kualitas SDM konstruksi juga dilakukan dengan sertifikasi dan uji kompetensi. Sebuah konferensi terpisah pada hari yang sama, Jumat 25 November 2022 akan mengulas tema ‘Strategi Meningkatkan Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi Indonesia’. Konferensi ini akan dibuka oleh Direktur Kompetensi dan Produktivitas Konstruksi Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Kementerian PUPR Republik Indonesia, Dr. Dedy Natrifahrizal Dedisky Nazaroeddin SE, M.S I dan Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi – LPJK, Ir. Taufik Widjoyono, M.Sc.

Dalam konferensi ini terdapat beberapa agenda menarik terkait upaya peningkatan kompetensi pekerja dibidang konstruksi dan infrastruktur antara lain Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan; Bakuan Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi Indonesia; hingga Peran LPJK dalam Penyelenggaraan Jasa dan Usaha Konstruksi Indonesia.

INFRASTRUCTURE CONNECT! 2022 yang mencakup KONSTRUKSI INDONESIA, INDONESIA INFRASTRUCTURE WEEK dan BETON INDONESIA menghadirkan program dan aktivitas untuk memberikan nilai tambah bagi profesional industri jasa konstruksi dan infrastruktur Indonesia sehingga meningkatkan daya saing dan kompetensi secara global.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.