Ingin Ada Gathering Skala Nasional

0
1547
docmarters indonesia

Sepatu merek Dr. Martens (Docmart) adalah sepatu jenis boot yang paling terkenal di mancanegara. Bentuk dan ciri yang sangat khas membuat Docmart banyak disukai masyarakat dunia. Kepopuleran boot ini pun merambah hingga ke Indonesia, dan tidak sedikit konsumen yang terkena imbas demam Docmart.

docmarters indonesia

Muhammad Taufan adalah salah satu dari sekian banyak orang yang jatuh hati dengan sepatu produksi Inggris ini. Kecintaannya pada boot tidak ingin disimpan sendiri, dia pun mulai bergerilya mencari orang yang punya minat sama. Forum di situs sosial Kaskus adalah wadah yang dipilih untuk mencari dan menyatukan orang-orang berideologi sama dengannya.

Tahun 2005 menjadi awal kemunculan forum pencinta Docmart. Forum ini pun terus berkembang secara pesat. Melihat antusiasme yang tinggi di antara penghuni forum, akhirnya pada tahun 2009 mereka membulatkan suara untuk memberanikan diri mengadakan kopdar (kopi darat) pertama.

“Pertama kali kami bertemu satu sama lain secara langsung adalah di tahun 2009. Acara kopdar ini kami adakan di daerah Jakarta Selatan, tepatnya di Taman Ayodya, Barito. Tempat itu akhirnya menjadi tempat utama dari gathering yang sering kami adakan setelahnya,” cerita Taufan.

Kegiatan gathering komunitas yang bernama lengkap Docmarters Indonesia ini diakuinya cukup sering diadakan. Hal tersebut dikarenakan gathering kadang kala dilakukan secara mendadak, tidak perlu menunggu waktu atau tanggal tertentu. Ketika ada beberapa anggota yang punya waktu luang, mereka bisa saling berkumpul dan bertemu.

Meski demikian, komunitas ini tetap memiliki acara wajib setiap tahun. Acara gathering diadakan oleh Docmarters Indonesia Regional Bandung. “Kegiatan yang kami lakukan saat gathering, yang pasti bertukar ilmu. Tidak hanya ilmu tentang sepatu, karena sebenarnya sepatu itu hanyalah kesamaan. Banyak hal lain yang kami bicarakan, tapi intinya adalah bersilaturahmi,” jelas Taufan.

Docmarters Regional

Menyinggung keberadaan regional-regional yang ada, Taufan menjelaskan saat ini Docmarters Indonesia sudah berkembang besar. Anggotanya semakin banyak dan tidak hanya sebatas di Jakarta dan Bandung. Jadi, lanjutnya, untuk bisa menjangkau keberadaan dan menampung aspirasi anggota, dibuatlah Docmarters per regional daerah masing-masing.

Saat ini Docmarters Indonesia mempunyai sekitar 15 regional yang terbentang dari Indonesia wilayah barat hingga timur. Regional tersebut di antaranya Jakarta, Bekasi, Bandung, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Lampung, Makassar, Pontianak, Batam, Medan, Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Serang, dan Bali.

Jumlah regional Docmarters Indonesia diakuinya semakin bertambah, yang sekaligus menjadi indikasi komunitas ini mendapat tempat di hati masyarakat. Kini anggotanya sudah ada 17.560 orang. Angka tersebut diambil Taufan berdasarkan akun Facebook resmi komunitas. Sementara di Instagram terdapat 14 ribuan followers.

Komunikasi Lewat Media Sosial

Facebook dan Instagram adalah dua media sosial yang digunakan untuk komunikasi para anggota. Selain itu, menurut Taufan, setiap regional pasti mempunyai grup chat di WhatsApp untuk memudahkan proses komunikasi. Selain untuk berkomunikasi antaranggota, media sosial juga menjadi wadah untuk sosialisasi mengenai sepatu Dr. Martens. Sosialisasi bertujuan memberi pengetahuan kepada publik mengenai orisinalitas Dr. Martens, mengingat merek ini banyak dipalsukan.

“Kami menyukai sepatu ini salah satunya karena ketahanan dan kekuatannya, bisa awet untuk waktu yang lama. Maka dari itu harganya cukup mahal. Sedangkan yang palsu atau KW harganya murah, tapi cepat rusak. Sepatu palsu ini justru bisa lebih merugikan konsumen karena pasti akan beli lagi dan lagi. Lebih baik keluar uang lebih banyak, tapi bisa tahan sampai 10 tahunan. Itu yang ingin kami sosialisasikan,” tutur Taufan.

Docmarters Indonesia pun melihat kesulitan yang dialami anggotanya maupun masyarakat dalam mencari sepatu Dr. Martens original. Maka dibuatlah sebuah akun Facebook khusus untuk jual-beli. Taufan berani memastikan orisinalitas produk yang ditawarkan oleh komunitas ini.

“Keuntungan jika Anda berbelanja di sana, inshaAllah produk teman-teman di situ adalah original dan jika kamu ragu, kami menyediakan rekber (rekening bersama) yang dikelola oleh admin Docmarters Indonesia,” katanya berpromosi.

Perkembangan komunitas berefek juga pada semakin dikenal luasnya kehadiran Docmarters Indonesia. Termasuk oleh Dr. Martens Indonesia yang resmi. Kerja sama antara keduanya pun sering terjadi. Terutama jika Dr. Martens Indonesia mengadakan acara, pasti akan menghadirkan komunitas ini.

”Kerja sama dengan pihak official Dr. Martens sudah pasti pernah dan sering. Tapi selain itu, kami juga setiap ada acara melakukan kerja sama dengan komunitas-komunitas lain. Di antaranya dengan Converse Head Indonesia, 3Foil.ID, Warriors Jakarta, Soulbrother Indonesia, dan masih banyak yang lainnya,” ujar dia.

Namun Taufan melihat, Docmarters Indonesia yang sudah jauh lebih berkembang dan lebih besar dari sebelumnya ternyata masih belum memuaskannya. Salah satu penyebab adalah keinginannya untuk membuat gathering akbar berskala nasional belum terlaksana. Gathering skala nasional dengan kehadiran seluruh regional menurutnya adalah rencana masa depan dari Docmarters Indonesia, dan itu merupakan sebuah pencapaian yang membanggakan.

Wicaksono

MM.09.2017/W

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.