Ini Dia 6 Startup Yang Bertarung GnB Accelerator

Ajang GnB Accelerator telah menetapkan 6 startup terpilih untuk mengikuti program insentif selama 3 bulan. Kompetisi GnB Accelerator diselenggarakan oleh Infocom Corporation, perusahaan IT terbesar dari Jepang dan Fenox Venture Capital, perusahaan modal ventura yang berbasis di Silicon Valley.

Para peserta GnB berfoto bersama dalam Demo Day
Para peserta GnB berfoto bersama dalam Demo Day

Sedikitnya 350 startup adu peruntungan dalam GnB Accelerator, namun yang terpilih hanya 6 startup. Beberapa waktu lalu ke-6 startup yang telah memperoleh pendanaan senilai $50,000 melakukan Demo Day di Gedung Energi, Jakarta. Dalam Demo Day mereka diminta mempresentasikan bisnis mereka di depan para investor, Venture capitals, media, dan para pelaku industri teknologi tanah air.

Kentaro Hashimoto, Program Manajer GnB Accelerator menuturkan, Demo Day merupakan bagian penting bagi para startup untuk menunjukkan hasil kerja kerasnya di hadapan publik.

“Kami percaya, berbagai fasilitas dan akses yang kami siapkan akan menjadi fondasi bagi para startup founders untuk mengembangkan perusahaan rintisan mereka. Demo day dapat menjadi sarana yang tepat bagi para startup dalam memperoleh investasi dari investor lainnya,” tutur Kentaro

Ingin siapa saja 6 startup tersebut dan bagaimana model bisnisnya? Yuk kita intip!

• Ahlijasa, penyedia jasa laundry, service AC, dan layanan pembersihan rumah yang praktis dengan menggunakan sistem operasional yang berbasis teknologi. Jay Jayawijayaningtiyas, Co-Founder & CEO Ahlijasa menuturkan, pertumbuhan bisnisnya mencapai 15% – 30% per bulan. Ahlijasa melayani 56 Kecamatan di Jakarta, Depok, Tangerang Selatan, dan Bekasi. Order yang masuk ke aplikasi ini rata-rata 32.000 kg per bulan untuk jasa laundri.

• KlikDaily, mereka menawarkan kemudahan bagi pengguna aplikasi mobile dalam memenuhi kebutuhan harian seperti air minum isi ulang dan gas LPG. Amos Gunawan, Co-Founder & CEO mengatakan aplikasi ini ditujukan untuk para merchant dan konsumen. Potensinya pasarnya mencapai 40 juta rumah tangga di seluruh Indonesia, 5,25 juta diantaranya berdomisili di Jakarta. Hingga saat ini sudah 125 merchant yang bergabung ke KlikDaily, dengan angka retensi 25%. Sementara angka GMV nya (Gross Merchandise Value) 1 juta. KlikDaily memungut 3% – 5% dari setiap produk yang terjual.

Amos Gunawan, Co-Founder & CEO, tengah mempresentasikan model bisnis KlikDaily di Demo Day
Amos Gunawan, Co-Founder & CEO, tengah mempresentasikan model bisnis KlikDaily di Demo Day

• LocalBrand Asia, yang menawarkan layanan omni-channel untuk UMKM dan brand yang sudah established di Asia Tenggara. Startup ini menyediakan solusi end to end yang memungkinkan penjualan multichannel ke berbagai e-commerce di tanah air secara real time melalui platform inovatif yang mereka miliki.

• 4Doctor, startup ini menyediakan portal bagi para dokter untuk mendapatkan informasi terkini tentang industri healthcare dan menyambungkan langsung dengan perusahaan farmasi di Indonesia.

• XWORK, penyedia layanan ruang meeting pribadi di Jakarta dimana pengguna dapat menemukan ruang meeting untuk 1-2 jam di hotel, perkantoran, dan coworking space hanya dalam hitungan menit.

• HipCar, startup ini menawarkan kemudahan dalam menyewa kendaraan. Sistem yang mereka miliki dapat dilakukan secara otomatis dari pemesanan, penguncian hingga pembukaan pintu kendaraan, yang mana semua dapat dilakukan melalui aplikasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.