Ini Dia Para Pemenang Best Employers Indonesia 2016 Versi Aon

Aon Hewitt Indonesia mengumumkan pemenang “Best Employers Indonesia 2016”. Tahun ada lima perusahaan yang menyabet penghargaan tersebut; Adira Dinamika Multi Finance, Telekomunikasi Indonesia (Telkom), Bank DBS Indonesia, Birotika Semesta (DHL Express Indonesia), dan BPJS Ketenagakerjaan. Selain menggondol Best Employers Indonesia, Telkom berhasil meraih penghargaan “Best of the Best Employers”.

Tiga perusahaan memperoleh penghargaan khusus, yakni PT PP (Persero) di kategori Commitment to Engagement, Nu Skin Indonesia di kategori Generation Y, dan Bank DBS Indonesia di kategori Women in the Workforce. Sementara itu, Marriott International – Indonesia mendapatkan gelar Aon Best Employer – Indonesia 2016 melalui program global.
Lusi Lubis, Managing Director, Aon Hewitt Indonesia menjelasakan, program Best Employers merupakan program terbesar di dunia mengenai keterlibatan karyawan, efektivitas kepemimpinan, citra perusahaan dan budaya kerja. Program ini dilaksanakan di kawasan Asia Pacific sejak tahun 2001. Tahun ini ada 570 organisasi dan 700.000 karyawan berpartisipasi dalam Best Employers di Asia Pasifik.

Lusi Lubis, Managing Director, Aon Hewiit Indonesia (kedua dari kanan)
Lusi Lubis, Managing Director, Aon Hewitt Indonesia (kedua dari kanan)

Di Indonesia setidaknya ada 50 perusahaan yang ikut serta dalam Best Employers Indonesia 2016. Lusi Lubis mengatakan, pemenang ditentukan melalui metode survei dan penilaian dewan juri (judging panel). Para pemenang Best Employers Indonesia 2016 memiliki keunggulan pada empat aspek, yaitu, budaya kinerja, keterllibatan karyawan (engagement), kepemimpinan, dan citra perusahaan.

Terkait aspek kepemimpinan Lusi menegaskan, perusahaan Best Employers memiliki program mentoring formal untuk mengembangkan kepemimpinan yang efektif dengan skor 100% (rata-rata pasar 82%). Pada aspek keterllibatan karyawan, perusahaan Best Employers memiliki program bakat yang ditujukan bagi karyawan Gen Y dengan skor 100%, (rata-rata pasar 59%).

“Perusahaan Best Employers memiliki brand ambassador yang hebat dengan 89% dari karyawan mengatakan mereka akan merekomendasikan organisasi mereka kepada seseorang pencari kerja, angka rata-rata pasar 66%,” katanya saat menjelaskan aspek citra perusahaan.

Meskipun ada seremoni penganugerahan (awarding) kepada para pemenang, Lusi menegaskan program Best Employers tidak difokuskan pada awarding, namun sisi benchmarking dan best practise di kalangan peserta.
Perusahaan di Indonesia yang ingin berpartipasi pada program ini minimal memiliki 50 karyawan. “Syarat lain perusahaan minimal sudah beroperasi di Indonesia selama tiga tahun,” tutur Lusi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.