Ini Tren Warna Cat yang Diusung Dulux di Tahun 2023

0
10
Tren Warna 2023
Peluncuran tren warna 2023 “Wild Wonder”, di Hotel Fairmont Jakarta (24/01/23)

Marketing.co.id  –  Berita Marketing | Tema keindahan alam sedang  tren di berbagai belahan dunia. Walaupun masyarakat perkotaan tidak selalu bisa menikmati keindahan alam karena kesibukan mereka, paling tidak mereka bisa menghadirkan nuansa alam ke dalam rumah melalui warna-warna yang mereprenstasikan kehidupan di alam.

Melihat fenomena tersebut, Produsen cat PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) melalui brandnya Dulux, beberapa waktu lalu meluncurkan tren warna 2023 yaitu “Wild Wonder”, di Hotel Fairmont Jakarta.

Tren warna tersebut dimunculkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh AkzoNobel Global Aesthetic Centre di Amsterdam. Lembaga ini tiap tahun melakukan riset terhadap tren global yang terjadi di berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tahun ini merupakan tahun ke-20 Colour of The Year.

Wild Wonder dipilih sebagai tren warna tahun ini, yang terinpirasi dari kehidupan manusia yang menyatu dengan alam untuk mendapatkan keseimbangan hidup seutuhnya. Tren warna tahun ini memberikan inspirasi dengan menghadirkan suasana hangat, nyaman, tenang, yang mampu meningkatkan kreativitas dan produktivitas terutama dalam hunian.

Baca juga: Bebaskan Kreatifitas Pewarnaan Rumah, ACE Hadirkan Seri Produk Cat Terbaru

Dulux menghadirkan empat palet warna cat dekoratif yang menginspirasi yang disebut sebagai Wild Wonder. Pertama, Lush yang terinspirasi dari “warna hutan” dengan warna hangat, lembut yang mampu memberikan suasana nyaman dan menenangkan hati.

Kedua, Buzz yang merupakan palet warna yang terinspirasi dari “hamparan padang rumput yang hijau” yang terinspirasi oleh keanekaragaman hayati dan ladang bunga liar yang mengagumkan dan memberikan keseimbangan dalam harmoni dengan suasana yang menenangkan.

Ketiga, Raw yang merupakan warna yang terinspirasi dari “musim panen” yang menggambarkan kekayaan sumber daya alam yang mampu mengembangkan kreativitas dan semangat produktivitas.

Keempat, Flow yang terinspirasi dari “warna pantai” yang memberikan kesan siklus kehidupan yang teratur, damai, dan tenang.

Tren Warna 2023
Peluncuran tren warna 2023 “Wild Wonder”, di Hotel Fairmont Jakarta (24/01/23)

“Wild Wonder dan palet warna pendukungnya akan membawa energi dan hal-hal positif ke dalam rumah di seluruh dunia,” kata Nikki Hunt, Founder Design Intervention. “Saya ingin para rekan arsitek lainnya dapat memberikan inspirasi suasana alam #FeelTheWonder dan menerjemahkan suasana alam yang mampu meningkatkan kualitas hidup ke dalam desain dan kreasi arsitektur yang berkelanjutan,” lanjutnya.

Nikki menampik, bahwa tren tersebut terlalu western centric dan tidak cocok dengan kondisi alam Indonesia yang beriklim tropis. Dia memberi contoh warna kuning yang menghadirkan nuansa optimistis. “Kalau kita lihat mengapa warna emoji di platform media sosial berwarna kuning karena mewakili sikap optimistis,” tandasnya.

Yudhy Aryanto, Country Commercial Head, PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), mengatakan, dari hasil riset tim AkzoNobel Global Aesthetic Center, pihaknya mendapatkan wawasan, bahwa tren saat ini menunjukkan individu semakin menyatu dengan alam.

Baca juga: Tahan 8 Tahun, Cat Ini Bisa Bersihkan Dinding Sendiri Saat Hujan lho!

“Di tengah pesatnya kemajuan teknologi saat ini, masyarakat diharapkan tetap memiliki kesadaran penuh untuk tetap bisa produktif dalam menjalankan berbagai peranan kehidupan. Hal ini tentunya akan diperoleh salah satunya dengan menjaga keseimbangan dengan alam. Oleh karena itu, kami menghadirkan inspirasi warna-warna alam yang dapat diaplikasikan ke dalam hunian,” tuturnya.

Yudhi menambahkan, cat dengan warna-warna Wild Wonder sebenaranya sudah dipasarkan Dulux sejak September 2022 lalu. “Produk cat tersebut sudah ada di toko cat dan toko bahan bangunan di seluruh Indonesia,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.