Inilah 10 Alasan Twitter Banyak Digemari

www.marketing.co.idSiapa yang tidak mengenal Facebook pada saat ini. Facebook adalah salah satu sosial media yang  digunakan dari mulai anak SD sampai orang tua. Mungkin Facebook boleh berbangga karena dianggap jejaring sosial terbesar saat ini. Namun, bukan berarti situs media sosial lainnya tak bertaji, salah satunya Twitter.

Pengguna internet dirasa harus memanfaatkan situs dengan 140 karakter ini. Pengamat media sosial Jeff Bullas, mengungkapkan pengguna Twitter bukan cuma sekedar sebagai media sosial untuk bebas berkicau. Namun, bisa pula dimanfaatkan untuk kepentingan mengangkat pamor personal maupun perusahaan.

Berikut 10 alasan kenapa Twitter banyak digemari:

 

1. Mendapatkan informasi real time

Di Twitter informasi menyebar sangat cepat. Kicau yang lalu-lalang begitu cepat dipantulkan balik oleh para tweeps. Fenomena inilah yang membuat Twitter dapat menjadi media untuk memberikan informasi terupdate secara real time.

Dicontohkan, misalnya ada gempa di Jawa-Tengah. Masyarakat di sana yang mempunyai akun Twitter langsung tweet dan biasanya akan memberikan tanggapan atau mungkin ingin sharing info di situs mikroblogging ini.

Lantaran ini termasuk informasi penting bagi masyarakat terutama yang mempunyai sanak saudara  di daerah tersebut, maka info ini akan cepat menyebar. Bisa dibilang kata bekennya banyak direwwet, hingga akhirnya sampai ke timeline Anda.

 

2. Membangun komunitas

Di Twitter, Anda dapat menemukan banyak komunitas yang bisa untuk sharing informasi secara real time. Mulai dari yang membicarakan teknologi, olahraga, kesehatan, cinta, dan banyak lagi. Jika Anda dari sisi perusahaan, tentu juga bisa membangun komunitas terkait produk yang Anda geluti via Twitter.

 

3. Menggaet pelanggan global

Jika Anda mau berkomunikasi di internet tidak bisa berpikir lokal. Begitu pula di Twitter, net citizen global dapat berinteraksi dengan mudah. Kondisi ini tentu bisa dimanfaatkan oleh perusahaan yang ingin menggaet pelanggan global.

 

4. Selalu menyebarkan ide

Jika Anda punya pemikiran brilian? Jangan cuma disimpan di dalam hati. Coba, dilontarkan melalui tweet-tweet Anda. Jika ide Anda menarik pasti banyak yang meretweet. Nah, bila disampaikan dengan bahasa global tentu tweet Anda akan mendunia.

 

5. Mengarahkan trafik ke blog/situs

Twitter juga bisa dioptimalkan sebagai alat pemancing. Maksudnya, jika Anda memiliki blog atau situs pribadi maupun perusahaan, maka dapat memanfaatkan Twitter sebagai medium untuk menarik pengunjung.

Sebenarnya caranya mudah, posting saja hal-hal menarik yang memancing rasa penasaran banyak orang. Jika Anda ingin informasi yang lebih detail, berikan link untuk diakses follower Anda. Tentu saja link tersebut mengarah pada blog atau situs yang dimaksud.

 

6. Membangun personal brand

Membangun personal brand di Twitter memang cocok sekali. Karena di Twiteer menyedikana tempat bagi Anda untuk sharing foto, link ke website atau blog, serta ruangan untuk menelurkan ide-ide. Fasilitas ini setidaknya bisa menjadi awal mula untuk menciptakan personal brand sendiri di dunia digital.

 

7. Bisa tes reaksi pasar

Pada Twitter bisa dimanfaatkan untuk melakukan sedikit survei kecil-kecilan. Bisa dicontohkan, ada seorang pengusaha pakaian yang ingin membuat produk baru. Sebelum memproduksinya secara massal, Anda tentu bisa meminta pendapat dari follower di Twitter terhadap rancangan pakaian yang telah disiapkan. Pastinya banyak yang meresponnya.
8. Membuka jaringan

Pengguna Twitter berasal dari latar belakang yang berbeda dan bukan tidak mungkin meraka termasuk orang yang penting di dalam aktivitas perusahaan,  Anda bisa temui dengan mudah di Twitter. Selanjutnya bisa ditebak dan jaringan bisa mulai dirajut di sini.

 

9. Menyampaikan Unek-unek
Tentu saja Twitter tak selalu digunakan untuk keperluan serius. Melontarkan unek-unek atau sekadar curhat juga sangat memungkinkan di sini. Asal jangan njeplak, ibarat kosakata Betawi, karena ada etika yang harus diikuti. Think before posting.

 

 

10.  Layanan Customer Service
Ingin lebih dekat dengan pelanggan Anda? Bikinlah akun Twitter, tapi jangan pakai nama akun personal. Buatlah yang khusus untuk menjadi layanan customer service perusahaan Anda.

Tapi ingat, jangan pula bergaya bak robot yang cuma menjejali follower dengan jualan produk. Sebab bisa-bisa dianggap spam alias jadi sumber ‘pesan sampah’. DetikNet
This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.