Inilah 3 Taktik Pemasaran Super Murah

2
947

taktik pemasaran terbaik

Sebagai seorang pengusaha yang menjalankan perusahaan bootstrap, kegiatan pemasaran mungkin bukan menjadi sesuatu yang penting. Bootstrap dalam bisnis berarti mengawali bisnis tanpa bantuan atau modal eksternal.

Sayangnya, jika Anda tidak melakukan banyak hal dalam pemasaran, Anda akan kehilangan kesempatan besar untuk meningkatkan bisnis. Pemasaran jika dilakukan dengan benar dapat membantu menarik perhatian konsumen baru, memperkuat merek dibanding kompetitor, dan pertumbuhan pendapatan dalam jangka panjang. Bagian terbaiknya: Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk melakukannya.

Jalur pemasaran baru tumbuh secara eksponensial menjadi jalur komunikasi digital yang terus berkembang. Jadi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenali peluang terbaik.

Strategi dan alat-alat berikut dapat menjadi langkah awal yang bagus bagi pemilik bisnis yang kekurangan uang dan mencari program pemasaran dengan harga murah.

Cari sahabat terbaik Anda

Situs web bisnis sering kali menjadi hal pertama dalam memberi kesan calon pelanggan. Untuk itu, Anda harus membuat pelanggan potensial di sana.

Cara yang paling efektif untuk melakukan itu adalah SEO (search engine optimization). SEO merupakan praktek terbaik untuk meningkatkan konten dan struktur website untuk membuat tampilan mencolok pada hasil pencarian organik.

Pemahaman tentang algoritma Google, Yahoo, dan Bing akan sangat dibutuhkan untuk memperbaiki peringkat laman web. Namun, jika Anda tidak memahaminya ada beberapa alat sederhana yang membuat pekerjaan SEO lebih mudah.

Google Adwords. Alat gratis dari Google ini dapat membantu Anda mengenali istilah penelusuran yang paling banyak dicari dan relevansinya bagi bisnis. Selanjutnya, cobalah alat bantu seperti SEOmoz atau RavenTools – yang harganya dapat mencapai kurang dari $100 per bulan – untuk mendapatkan rekomendasi atas konten situs tertentu serta perubahan struktur. Selain itu, layanan ini memungkinkan Anda memantau kinerja SEO sendiri serta pesaing.

 Mahir Menggunakan Google Analytics

Setelah calon pelanggan membuka situs web, Anda harus melakukan apa pun untuk menjaga mereka di sana dan mengubah mereka  – apakah itu untuk melakukan pembelian, atau mengisi formulir lead.

Terlalu sulit untuk meraih potensi pelanggan di website dan mengambil manfaat penuh dari pengunjung tersebut ketika mereka sampai di sana. Menjadi seorang profesional Google Analytics adalah pilihan terbaik.

Google Analytics lebih dari sekadar alat pengukur pengunjung website bulanan. Google menawarkan lebih dari 200 ukuran dan membantu segmentasi pengunjung berdasarkan  jenis browser, perangkat mobile, kebiasaan klik, geografi, atau faktor lainnya.

Segmentasi pengunjung akan memungkinkan Anda menghubungkan calon pelanggan yang tepat dengan konten yang tepat dan meningkatkan konversi serta menutup penjualan.

Dengarkan Pelanggan Anda

Sekarang Anda telah membawa pengunjung ke situs dan mengkonversi mereka menjadi pelanggan. Langkah selanjutnya adalah membuat mereka senang dan loyal. Untuk melakukan itu Anda bisa memulainya dengan mendengarkan.

Ketika meluncurkan perusahaan, mungkin Anda tahu mengenal pelanggan pertama Anda dengan baik. Tetapi begitu memiliki ratusan atau bahkan ribuan pelanggan, bagaimana Anda bisa tetap dekat dengan mereka semua? Jawabannya adalah dengan menggunakan alat umpan balik (feedback) digital.

Ada dua kategori umpan balik online: yang diminta dan tidak diminta. Masing-masing memiliki tujuan yang berbeda.

Feedback yang tidak diminta sering kali muncul berupa data tidak terstruktur dalam blog, media sosial, dan ulasan platform online. Ada banyak layanan yang memungkinkan perusahaan untuk melacak umpan balik ini.

Namun, bagi perusahaan dengan sumber daya terbatas, Google Alerts menjadi alat mendengar terbaik. Google Alerts memungkinkan Anda melacak penyebutan merek atau produk (dan pesaing Anda) terutama di artikel berita dan di seluruh web.

Alat ini tidak menawarkan analisis secara mendalam, tetapi mereka setidaknya akan membantu Anda menemukan penyebutan negatif tentang perusahaan.

Selain itu, survei online memungkinkan perusahaan menangkap lebih banyak feedback yang spesifik dari pelanggan mereka dengan skala tertentu. Survey Monkey dan Survei Gizmo adalah dua produk survei yang paling terkenal di pasaran, dan masing-masing memiliki pilihan harga kurang dari $ 100 per bulan. Dengan survei, Anda dapat mengajukan pertanyaan pelanggan yang akan membantu meningkatkan pemasaran dan layanan pelanggan.

Nah, bagi perusahaan bootstrap, pemasaran tidak harus menjadi hambatan, apalagi dengan begitu banyak alat pemasaran digital baru dan super murah yang dapat Anda gunakan.

Sumber: Inc.com| Photo: Presentationmagazine.com

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.