Inilah Penyebab Kegagalan E-Commerce

0
4580

www.marketing.co.id – Perkembangan  bisnis online di Indonesia beberapa tahun belakangan ini memang sangat meningkat sekali. Maka banyak orang yang tergiur untuk menjalankan bisnis ini untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Transaksi online atau sering disebut e-commerce sudah menjadi  trend saat ini. Perlu diingat juga bagi Anda yang mau bergelut di bisnis ini perlu banyak belajar agar e-commerce yang dijalankan bisa meraih sukses.

Untuk menjalankan bisnis online di Indonesia  tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan. Maka sudah menjadi hukum alam ada yang berhasil dan ada yang gagal dalam berbisnis.

Irwan Hartanto selaku Ex Executive High Tech Dot Com Companies dalam seminar Frontier Marketing Club (FMC) yang diadakan oleh Frontier Consulting Group mengemukakan bahwa ada 3 alasan kenapa orang selalu gagal dalam bisnis e-commerce atau transaksi online

1. Dalam menjalankan bisnis ini tidak punya ide

Langkah pertama adalah menentukan ide itu terlebih dahulu. Kalau tidak ada ide bagaimana mau menjalankan bisnis ini hingga sukses.

Dengan ide tersebut seseorang itu bisa menentukan bisnis apa yang akan mereka lakukan. Untuk menentukan ide biasanya yang sesuai dengan hobi atau yang disukai sehingga mudah untuk menjalankannya.

2. Kebanyakan ide

Dalam bisnis ini kebanyakan ide juga tidak baik, karena banyak pebisnis online yang gulung tikar karena kebanyakan ide untuk dijalankan semua. Sebenarnya untuk pemula perlu beberapa ide saja dan ide itu difokuskan hingga menjadi sukses.

Jadi intinya difokuskan dulu idenya, jika sudah sukses baru pengembangan ide itu berlanjut. Sehingga ide satu dan yang lain bisa tertangani.

3. Tidak mengambil tindakan

Kebanyakan para pebisnis yang  gagal dalam bisnis ini adalah tidak mau mengambil tindakan atau action. Padahal action itu sangat penting. Sebagus apapun ide Anda dan secanggih apapun ide tersebut jika tidak ada action maka dijamin pasti akan gagal.

Dalam seminar ini juga  Irwan memberikan tips yang harus dimiliki oleh pebisnis dalam menjalankan  e-commerce ini .

1. Daya pikat

Daya pikat dalam e-commerce ini penting sekali, karena dengan daya pikat ini seseorang akan mudah menjalankan e-commerce. Dengan melihat sekali aja seseorang akan kepincut akan e-commerce yang Anda jalankan sehingga sering bertransakasi secara online.

2. Daya tarik

Dengan daya tarik ini adalah sesuatu yang membuat orang tertarik untuk bertransaksi di bisnis Anda. Sehingga mereka  mau bertransaksi di bisnis ini.

3. Daya bius

Namanya juga daya bius, bagaimana orang itu tak terasa selalu memakai e-commerce yang Anda jalankan. Dengan pelayanan yang baik  dan selalu dipercaya yang membuat bisnis Anda selalu dicari orang. (Hernawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.