Inilah Cara Mulai Mengonsumsi Sayur

0
841

sayurApa yang terbesit di benak Anda ketika mendengar kata brokoli, wortel, dan sawi? Sayuran? Iya. Sehat? Iya. Tidak enak? Tak sedikit orang yang menjawab iya. Rasa tidak suka terhadap sayur membuat banyak orang membatasi konsumsinya. Padahal mereka tahu manfaat yang ditawarkan sayuran sangat baik untuk kesehatan.

Ada beberapa tips bagi Anda yang tidak terlalu suka, atau bahkan membenci sayuran untuk mulai mencobanya.

  1. Tambah dengan makanan yang Anda suka

Bagaimana dengan sedikit wortel, dan daun bawang pada telur dadar Anda? Jika Anda penyuka Piza, pilihlah toping sayuran. Atau campur potongan tomat pada saus spaghetti Anda. Makanan kesukaan Anda akan menetralisir rasa sayuran yang kuat. Dengan begitu Anda bisa menikmati makanan yang lebih sehat tanpa harus memaksakannya.

  1. Campurkan ke dalam sup

Percayalah, Anda tidak akan terlalu merasakan rasa brokoli di sup ayam yang Anda makan. Anda juga bisa menambahkan sayuran beku yang biasanya terdiri dari kacang polong, buncis, wortel dan jagung pada sup yang sedang dibuat.

  1. Campur dengan buah

Salah satu cara yang paling menyenangkan untuk makan sayuran adalah mencampurnya dengan buah. Anda bisa mengombinasikannya di salad atau smoothie. Anda bisa menemukan resep-resep menarik yang tersebar di Internet.

  1. Don’t reward yourself

Penelitian mengatakan ketika kita menghadiahi diri kita untuk memakan sesuatu, maka hal itu menyebabkan kita berpikir memakan makanan itu tidaklah menyenangkan. Selain itu kita juga akan menganggap  bahwa memakan sayuran adalah sebuah hukuman bagi kita untuk mendapat penghargaan itu sendiri. Makanlah karena Anda memang suka, atau setidaknya belajar untuk suka.

  1. Teruslah mencoba

Percobaan pertama gagal? Jangan menyerah. Mencoba menyukai hal yang kita tidak suka memang butuh perjuangan. Tetapkan pada pikiran bahwa Anda harus menciptakan keseimbangan dalam pola makan untuk menjadi lebih sehat. Pikirkan tentang manfaat sayur itu sendiri. Kalau perlu, carilah dukungan dari orang-orang terdekat Anda

Hal-hal di atas mungkin terdengar berlebihan. Tapi percayalah, suatu saat Anda akan berterima kasih pada diri Anda yang sekarang. Kebiasaan memiliki pola makan yang sehat akan mencegah penyakit-penyakit kronis suatu hari nanti.

Sumber:  berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.