30 Food Influencer Paling Populer di Indonesia

0
785
Branding di media sosial
Ilustrasi Branding di media sosial

Food Influencer Paling Populer dan Berpengaruh di IndonesiaMarketing.co.id – Berita Digital | Menurut laporan influencer marketing 2021 untuk Indonesia, para pemasar telah menghabiskan sebagian besar anggaran marketing mereka untuk influencer. Merek-merek di Indonesia menghabiskan anggaran marketing mereka untuk influencer di platform media sosial Instagram (74,15%), diikuti YouTube (21,45%). Sedangkan Facebook (0,31%) dan Twitter (4,09%) mengalami penurunan pengeluaran dibandingkan tahun 2020.

Seiring perkembangan teknologi dan media sosial yang begitu pesat, keberadaan influencer di setiap media sosial menjadi sangat berpengaruh sebagai Key Opinion Leader (KOL) ataupun perkembangan  bisnis.

Biasanya, para influencer ini berasal dari berbagai macam platform seperti Instagram, TikTok, YouTube dan lainnya. Pemasaran melalui influencer menjadi salah satu metode unggulan yang digunakan bisnis atau merek untuk dapat berinteraksi dengan audience tepat sasaran.

Food Blog Cuisinesia melakukan sebuah riset untuk memetakan Top Food Influencer di beberapa platform media sosial seperti Instagram, YouTube dan TikTok. Untuk melihat Top Food Influencers di Indonesia berdasarkan platform media sosialnya, Cuisinesia mengumpulkan dan membandingkan beberapa data seperti jumlah follower di Instagram, YouTube dan TikTok, jumlah engagement rate dan banyaknya orang yang terinfluence di Instagram, jumlah view video dan total upload di YouTube dan TikTok, estimasi pendapatan per bulan di YoTube.

Berikut temuan utama dari riset tersebut:

  • Total jumlah followers di media dengan basis konten video menghasilkan lebih banyak audience yang mencapai 71 juta pada YouTube, diikuti TikTok 69 juta dan Instagram 26 juta.
  • Peringkat pertama top influencers di lintas platform diraih Tanboy Kun dengan 15,5 juta total followers.
  • Sisca Kohl (Instagram dan TikTok) dan Magdalenaf (YouTube dan Instagram) masuk ke dalam Top 5 Food Influencer di platform media sosial berbeda.
  • Renatta Moeloek menempati peringkat pertama dengan jumlah orang yang terpengaruh tertinggi (118,320) di Instagram.
  • Ria SW menjadi Top 1 Food Influencers di YouTube dengan rata-rata view video mencapai 5 juta, melebihi subscriber yang dimiliki yakni 3 juta.
  • Sisca Kohl menjadi Top 1 Influencers di TikTok dengan rata-rata like video mencapai 700 ribu, yakni 2 kali lipat dari peringkat kedua top influencer di TikTok.
  • Food Review adalah jenis konten paling populer di Instagram dan YouTube. Sedangkan memasak adalah jenis konten paling populer di TikTok.

Untuk mengetahui secara lengkap daftar 30 Top Food Influencer paling populer di Indonesia Anda bisa melihatnya di Food Blog Cuisinesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.