Inovasi dan Kolaborasi: Pilar Utama Phapros dalam Mengembangkan Produk

Marketing.co.id – Berita Marketing | PT Phapros Tbk (PEHA), yang merupakan bagian dari Holding BUMN Farmasi, terus mengupayakan ekspansi guna memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dalam industri ini. Dalam rangka memenuhi komitmen tersebut, Phapros saat ini tengah menerapkan inisiatif pengembangan produk melalui kolaborasi strategis dengan berbagai pihak, termasuk anak usahanya yaitu PT Lucas Djaja, serta institusi domestik dan global. Hal ini mencerminkan dedikasi Phapros dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya guna memenuhi kebutuhan masyarakat secara luas, serta menjadikan industri farmasi Indonesia semakin maju dan berdaya saing.

phapros

Kolaborasi ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas produksi agar dapat memperluas formulasi sediaan farmasi yang ditawarkan oleh Phapros, terutama dalam kategori obat bebas. Saat ini, Phapros tengah giat mengembangkan produk-produk inovatif guna melengkapi portofolio mereka, terutama dalam kelas terapi travel convenience, serta untuk mengatasi masalah batuk dan pilek.

Proses pengembangan sediaan ini mencakup pembuatan tablet kunyah, tablet hisap, sachet bubuk, ready to drink, dan berbagai bentuk lainnya. Inisiatif ini mencerminkan komitmen Phapros dalam melakukan inovasi yang berkelanjutan, yang telah menjadi faktor kunci kesuksesan perusahaan tersebut.

Menurut Direktur Utama PT Phapros Tbk Hadi Kardoko, selain memperluas jangkauan bentuk sediaan, Phapros juga terlibat dalam pengembangan varian produk baru dalam kelas terapi antidiabetes dan imunologi, dengan berkolaborasi bersama mitra-mitra yang beragam untuk menjamin kualitas dan efikasi terbaik.

“Pengembangan ini merupakan bagian dari rencana jangka panjang Phapros, dengan rencana perilisan dalam satu hingga dua tahun mendatang. Hal ini juga sebagai respons terhadap peningkatan permintaan akan produk farmasi yang sesuai dengan tren industri saat ini dan preferensi konsumen untuk konsumsi obat yang lebih nyaman,” ungkapnya.

Inisiatif pengembangan produk yang sedang berlangsung juga sejalan dengan tujuan strategis perusahaan untuk meningkatkan proporsi obat bermerek dalam portofolio produknya, dengan tujuan meningkatkan profitabilitas. Phapros mengakui pentingnya beradaptasi dengan tuntutan pasar yang terus berkembang dan tetap berkomitmen memenuhi kebutuhan konsumen melalui perbaikan dan inovasi yang terus menerus.

“Kami sangat antusias dengan kolaborasi dan pengembangan produk yang sedang berlangsung di portofolio kami. Melalui inisiatif-inisiatif ini, Phapros ingin menyediakan berbagai produk farmasi inovatif dan nyaman kepada konsumen kami, menjawab kebutuhan dan preferensi mereka yang terus berkembang. Ekspansi ini juga sejalan dengan tujuan strategis kami untuk meningkatkan profitabilitas dan memperkuat posisi di pasar.”

Selain menggarap pengembangan produk yang kuat, Phapros juga mencatat kinerja yang positif pada triwulan pertama 2023. Perusahaan berhasil mencatatkan kenaikan performa penjualan, utamanya dari segmen obat resep bermerek (etikal) sebanyak 8,9%, meningkatkan pangsa pasar, dan mengoptimalkan efisiensi operasional. Keberhasilan ini menggambarkan komitmen Phapros dalam mencapai hasil yang positif  dan memberikan nilai tambah kepada pemangku kepentingan.

“Dengan pencapaian yang menggembirakan ini, Phapros siap melanjutkan momentum positifnya dan terus memberikan kontribusi yang berarti dalam dunia farmasi di wilayah ini,” tutup Hadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.