Inovasi Plossa: Empat Manfaat dalam Satu Kemasan

0
2286
inovasi plossa

Marketing.co.idInovasi Plossa menjadi terobosan baru minyak angin aromaterapi bergaya modern yang menggabungkan empat manfaat dalam satu kemasan.

Minyak angin aromaterapi semakin diminati masyarakat Indonesia karena dipercaya dapat meredakan berbagai penyakit ringan, seperti flu, sakit kepala, dan mual. Pasarnya sendiri diperkirakan lebih dari Rp1 triliun.

Meski angkanya cukup besar, sudah banyak produsen yang bermain di kategori minyak angin aromaterapi, bahkan beberapa merek cukup kuat dan telah mendominasi pasar. Alhasil, dalam menggarap segmen ini diperlukan diferensiasi produk yang kuat untuk bisa menembusnya.

Strategi diferensiasi ini pula yang dilakukan Enesis Group dengan menghadirkan Plossa Press & Sooth Aromatics; inovasi berbeda atas produk minyak angin yang selama ini dikenal masyarakat, mempunyai nilai tambah yang dibutuhkan konsumen, serta mampu memberikan solusi bagi persoalan mereka.

Fauzi Pane, Product Manager Plossa, menyebutkan unique selling point dari Plossa dibanding produk sejenis yakni Plossa memiliki konsep 4-in-1 sebagai alat bantu pijat, kerok, roll on, dan in haler (disingkat Pikerolin).

Keempat alat tersebut digabungkan menjadi satu alat yang praktis, modern, dan efisien. Praktis karena mudah dibawa ke mana-mana, modern karena alat pijatnya bukan tradisional (uang logam), dan efisien karena harga ekonomis sebab keempatnya menjadi satu alat.

“Plossa atau kepanjangannya Plongin Saja berfungsi sebagai obat gosok dalam bentuk roll on, dan satu sisinya bisa dihirup. Yang menarik, penutup di masing-masing sisi berfungsi sebagai alat pijat dan buat kerokan,” jelasnya.

Plossa memiliki tiga varian, yakni Eucalyptus (hangatnya sedang dengan wangi kayu putih), Redhot (paling hangat), Blue Mountain (hangatnya ringan dan menyegarkan) yang ditawarkan dengan harga Rp13.000.

“Dengan empat manfaat ini, kalau beli terpisah harganya tentu lumayan mahal. Tapi, Plossa harganya sangat terjangkau,” beber Fauzi.

Didin Solahudin, R&D Manager Plossa, menambahkan bahwa Enesis Group berkomitmen untuk selalu menghasilkan produk-produk inovatif yang berkualitas dan memberikan manfaat bagi pelanggan. Sebagai minyak angin aromaterapi, Plossa bermanfaat meredakan pegal-pegal, sakit kepala, gejala masuk angin, kembung, dan mual.

Untuk mengatasi sakit kepala dan pusing serta mengatasi pegal-pegal, Plossa bisa digunakan dengan cara roll on dan pijat. Sementara untuk mengatasi stres dan hidung tersumbat dengan cara menghirup (inhaler); dan mengatasi masuk angin dilakukan dengan kerokan.

Plossa merupakan inovasi untuk melestarikan budaya pijat dan kerokan sebagai terapi kesehatan tradisional untuk pencegahan penyakit dan pengobatan alternatif yang telah lama dilakukan sejak zaman nenek moyang kita.

“Selain itu, Plossa mengandung aromaterapi yang menyegarkan dan menenangkan buat tubuh. Produk ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan supersibuk, termasuk para milenial,” ujarnya.

Soal strategi pemasaran Plossa, Fauzi melancarkan beragam aktivitas di bauran promosi mulai dari TVC, below the line, e-commerce, Instagram, news portal, termasuk YouTube. Bahkan kanal YouTube Plossa memakai endorser para Youtuber terkenal Indonesia, seperti Mak Betti, RANS (Raffi dan Nagita), dan Bocah Ngopak.

Hasilnya terbilang efektif. Pasalnya, sejak diperkenalkan pada kuartal I-2019, penjualan Plossa meningkat signifikan. Apalagi didukung oleh edukasi 4-in-1 Plossa dengan mengoles, mengerok, dan memijat serta menghirup produk Plossa kepada konsumen potensial secara langsung.

“Anggaran  pemasaran konvensional masih dominan sekitar 80% dari biaya promosi, dan sisanya sebesar 20% untuk pemasaran digital. Targetnya di tahun 2020, penjualan Plossa bisa tumbuh dua kali lipat,” ucap Fauzi.

Artikel ini pernah dimuat di Majalah MARKETING  

Marketing.co.id | Info & Portal Berita Marketing dan Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.