Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

Instagram Lebih Menggoda, Brand Berpaling dari Facebook

instagram2Berdasarkan laporan riset dari L2, Instagram bagi banyak brand ternyata lebih menggoda daripada Facebook. Buktinya, menurut riset tersebut makin banyak brand yang mem-posting konten di Instagram.

Apa alasan mereka memilih Instagram? Menurut laporan tersebut, brand tahu bahwa apapun yang mereka posting di Instagram akan tampak di feed para penggemarnya. Tapi, di Facebook, jika brand tidak membayar untuk mempromosikan konten mereka, maka sebagian besar dari konten tak akan tampak di News Feed penggemarnya. Trend tersebut mengubah Instagram yang notabene dimiliki Facebook, menjadi sebuah kekuatan kanal marketing yang berkembang.

Laporan tersebut juga menjelaskan bagaimana brand membangun followers mereka di Instagram, yang kini mencapai 300 juta pengguna per bulan. Alasan lain kenapa Instagram digemari adalah karena kanal ini menarik lebih banyak pengguna berusia muda daripada Facebook.

Dikabarkan sebanyak 3 juta pengguna berusia remaja di Amerika Serikat meninggalkan Facebook dalam rentang tahun 2011 dan 2014. Dengan demografi pengguna yang sama, kini Instagram diklaim sebagai jejaring sosial paling penting menurut laporan L2.

Berikut fakta-fakta yang dikemukakan oleh L2 dan Olapic – perusahaan teknologi social marketing, tentang Instagram:

  • Brand rata-rata mem-posting konten sebanyak 9.3 kali per minggu. Angka tersebut menunjukkan kenaikan dari tahun sebelumnya yang rata-rata 7.5 kali per minggu.
  • Frekuensi posting konten di Facebook menurun dari 11.1 kali per minggu menjadi 8.8
  • Basis penggemar di Instagram meingkat rata-rata 26% selama satu tahun terakhir.
  • Performa konten foto lebih baik daripada video. Engagement pengguna dengan konten foto sebesar 1.03% , sedangkan dengan video 0.79%
  • Aplikasi Instagram yaitu Hyperlapse – aplikasi yang mempercepat video menjadi aksi fast-motion, tak sesuai harapan dengan hanya 2.4% brand yang menggunakannya sejak dirilis pada Agustus tahun lalu.

(Berbagai sumber)

1 Comment

1 Comment

  1. afrid fransisco

    17 March, 2015 at 10:27

    ngga papa toh facebook juga yang punya instagram. iya ngga mas. ngga masalah kayaknya bagi bos mark zuckerberg. dia juga punya whatapps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top