Interaksi dengan Pelanggan

Apakah marketing harus diadaptasikan untuk setiap negara dan daerah? Apakah sama untuk masing-masing negara atau daerah? Apakah ada prinsip-prinsip baku mengenai hal ini?

Marketing bukanlah disiplin ilmu yang kaku dan baku seperti, misalnya, ilmu geometri. Marketing juga hendaknya jangan dipraktikkan dengan cara yang sama untuk masing-masing negara atau tempat. Negara berbeda mempunyai ekonomi, budaya, dan politik berbeda. Bahkan dalam satu negara pun, marketing tetap harus disesuaikan, apakah untuk dipraktikkan pada perusahaan consumer goods, B2B, atau jasa. Walaupun berada dalam lingkup industri yang sama, bila menyangkut perusahaan yang berbeda, praktik marketing yang dilakukan akan berbeda pula. Marketing yang efektif adalah marketing yang disesuai dengan keadaan atau kondisi lokal.

 

Walaupun demikian, ada prinsip-prinsip marketing tertentu yang berlaku secara umum, yaitu:

  • Selalu mengacu pada pelanggan, kompetitor, dan distributor dalam membuat planning untuk strategi marketing.
  • Menerapkan segmentasi pada pasar-pasar yang ada dan memfokuskan diri pada segmen pasar yang paling menjanjikan dan prospektif, tapi haruslah yang sesuai dan tergantung dari kemampuan dan tujuan dari perusahaan Anda.
  • Untuk setiap target market segment, lakukanlah riset mengenai kebutuhan pelanggan, persepsi, kesukaan, dan daya beli pelanggan.
  • Raihlah kemenangan dengan cara men-deliver value yang sesuai dengan target pasar yang ada.

 

Teori marketing akan terus berubah. Teori baru akan bermunculan dan bila terbukti memang lebih efektif dan lebih baik dari teori lama, dan Anda pun harus segera mengaplikasikannya.

 

 

Dapatkah Anda memberikan contoh perusahaan yang dapat berinteraksi dengan baik kepada pelanggan-pelanggan mereka?

 

Perusahaan yang pintar akan berusaha membangun komunitas pelanggan yang setia. Harley Davidson, sebuah merek motor yang terkenal, telah menciptakan komunitas pelanggan setia berjumlah lebih dari 300.000 orang. Mereka tidak hanya mengagumi perusahaan tersebut, tapi juga senang kumpul-kumpul. Komunitas brand lebih mudah dibentuk pada produk-produk seperti mobil, motor, atau komputer.

 

Solusi lain adalah berinteraksi dengan pelanggan satu per satu. Perusahaan asuransi USAA melakukan semua bisnisnya lewat telepon (dan akhir-akhir ini lewat internet).  Walaupun tidak melakukan tatap muka langsung dengan pelanggan, pelanggan mereka tetap setia kepada perusahaan. Tenaga penjual mereka semuanya luar biasa dan berbicara seolah-olah mereka adalah teman akrab Anda. Pendekatan yang dilakukan kepada para pelanggan sungguh baik dan ramah.

 

 

*) Diambil dari buku Marketing According to Kotler atas izin pengarang. Kerja sama Majalah MARKETING & www.ypm-lpmb.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.