IOH Buat IDE Untuk Pelaku UMKM

Marketing.co.id – Berita Digital & Technology | Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melalui Indosat Business, meluncurkan platform Indosat Digital Ecosystem (IDE) bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

IOH yang mempunyai misi menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia seperti pelaku UMKM, ingin memberikan akses komunitas dan solusi kelas enterprise agar #BeraniJadiBesar lewat fitur yang ditawarkan IDE.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Bayu Hanantasena (kanan), Asisten Deputi Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha, Deputi Kewirausahaan, KEMENKOPUKM RI, Christina Agustin, A.Pi, M.M (tengah), dan Country Director Google Cloud Indonesia, Megawaty Khie (kiri) pada saat berfoto bersama usai meluncurkan platform Indosat Digital Ecosystem (IDE) di Jakarta (13/10). Foto: Istimewa.

“IDE menawarkan platform digital terintegrasi untuk mengakses teknologi yang dibuat khusus untuk UMKM dan menjalankan bisnis mereka dengan lebih baik melalui hyperlocal-insight, insight digital dan pasar untuk mengakses produk teknologi,” ujar Bayu Hanantasena, Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta (13/10).

IDE menawarkan solusi yang berakar dari tantangan yang dihadapi pelaku UMKM. Tiga fitur ini akan membantu UMKM lebih melibatkan pelanggan berdasarkan data, lebih sistematis dalam mengelola keuangan dan menjalin hubungan yang kuat satu sama lain.

Senada dengan Bayu, Asisten Deputi Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha, Deputi Kewirausahaan, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Chistina  Agustin menambahkan,”Total lebih dari 65,1 juta pelaku UMKM Indonesia dan terus bertambah memasuki masa endemi. Dari total jumlah tersebut, sebanyak 20,24 juta sudah melek digital. Pemerintah Indonesia menargetkan 30 juta UKM Indonesia sudah menggunakan platform digital untuk bisnis mereka pada 2024. Terima kasih kepada Indosat yang telah menginisiasi untuk meluncurkan IDE sebagai platform untuk mendorong UMKM lebih berdaya.

Platform IDE menyediakan tiga fitur untuk mendukung pelaku UMKM,yaitu IDE Advisory (pengguna dapat meningkatkan insight global untuk mengembangkan bisnis mereka), IDE Academy (menyediakan akses ke video dan pelatihan yang memudahkan pelaku UMKMmendapatkan kemampuan digital), serta IDE Marketspace (memperluas jejaring bisnis, relasi, dan kesempatan untuk cross-promotion sebagai ruang komunitas pelaku UMKM).

“Setelah peluncuran ini, IOH akan terus mengembangkan platform IDE seiring dengan kebutuhan para pelaku UMKM di Indonesia yang beragam.” tutup Bayu.

Marketing.co.id: portal berita marketing dan bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.