Ioniq 5, Mobil Listrik Pertama Yang Diproduksi di Indonesia

0
1206

Marketing.co.id – Berita Otomotif | Pasar mobil listrik di Indonesia sangat berpotensi tinggi karena perlahan-lahan masyarakat sudah mulai sadar akan kendaraan ramah lingkungan. Setelah meluncurkan mobil listrik Hyundai Kona pada bulan November 2020 lalu, Hyundai Indonesia kembali meluncurkan mobil listrik yang dinamakan dengan Hyundai Ioniq 5. Ioniq 5 merupakan mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV) pertama yang diproduksi massal di pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Seorang pengunjung melintas di depan Hyundai Ioniq5 pada pameran IIMS di Jakarta, Jumat (01/04/22). Terlihat tanda tangan dari Presiden RI, Joko Widodo di atas kap. Foto: marketing.co.id/Lialily.

Dengan desain dan inovasi yang canggih, Ioniq 5 akan mengubah cara orang memandang mobil listrik. Tidak hanya itu saja, konsep dan filosofi Ioniq 5 mewujudkan warisan dan visi Hyundai untuk mobilitas masa depan, yang berasal dari konsep Pony Coupe 1974. Jika dilihat secara sepintas, maka Ioniq 5 mewakilkan konsep dari masa lalu, sekarang dan masa depan. Hyundai ingin menunjukkan dari mana titik awal ia berasal. Ioniq 5 dibuat dari bahan-bahan daur ulang yang ramah lingkungan dan rangkaian teknologi inovatif lainnya.
Selain desain yang berkesan mewah, Ioniq 5 menjadi mobil listrik pertama yang dibangun menggunakan Electric-Global Modular Platform (E-GMP), yaitu sebuah platform dengan banyak keunggulan yang dirancang oleh Hyundai Motor Group khusus untuk model kendaraan BEV. Fitur kemananan juga disematkan dengan dilengkapi teknologi kemanan terdepan milik Hyundai yaitu Hyundai Smartsense. Tidak hanya tersemat teknologi E-GMP saja namun ditambahkan pula fitur Vehicle-to-Load (V2L). Fitur ini memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk menggunakan atau mengisi daya perangkat listrik apapun, seperti ponsel, sepeda listrik, skuter listrik, atau peralatan berkemah, sehingga mobil ini dapat berfungsi sebagai pengisi daya listrik saat dalam perjalanan.
Port V2L terletak pada bagian body luar kendaraan dan bagian dalam serta memiliki fungsi masing-masing. Memasok daya hingga 3,6 kW, untuk port V2L di bagian dalam mobil terletak di bawah kursi baris kedua. Port tersebut dapat diaktifkan saat kendaraan dalam keadaan menyala atau dikendarai. Untuk Port V2L yang terletak di luar kendaraan bisa menyuplai arus listrik dan dapat difungsikan saat kendaraan dalam kondisi berhenti atau mati. Kedua port tersebut bisa difungsikan dalam waktu bersamaan.

Ioniq 5 tersedia dalam 4 (empat) tipe varian yaitu IONIQ 5 Prime Standard Range, IONIQ 5 Prime Long Range, IONIQ 5 Signature Standard Range, IONIQ 5 Signature Long Range. Fitur V2L hanya terdapat pada varian Signature. Dengan kapasitas batere mulai dari 58 kWh (varian Prime Standard) sampai 72,6 kWh (varian Signature Long Range), Ioniq 5 dapat menempuh jarak mulai ari 384 km hingga 451 km. Rencananya mobil ini akan dibanderol dengan harga di atas Rp 700 juta. Tertarik untuk mencoba mobil listrik ini? Datang langsung ke pameran Indonesia International Motor Show 2022 (IIMS) di JIEC Kemayoran, Jakarta. Pameran berlangsung mulai dari tanggal 30 Maret – 10 April 2022.
Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.