iPaymu Gandeng Indomaret

0
2023
ipaymu
Pikukuh Tutuko, CEO iPaymu (berkemeja putih) tengah mencoba layanan transaksi iPaymu di Indomaret World Trade Center 2 Jakarta
ipaymu
Pikukuh Tutuko, CEO iPaymu (berkemeja putih) tengah mencoba layanan transaksi iPaymu di Indomaret World Trade Center 2 Jakarta

Online Payment Processor, iPaymu membuat gebrakan baru dengan menggandeng Indomaret. Dengan telah terjalinnya kerjasama ini pengguna iPaymu, baik yang terdaftar sebagai penjual (merchant) ataupun pembeli dapat melakukan beragam pembayaran dan isi ulang (top up) saldo melalui kasir di Indomaret.

Keuntungan bagi merchant dapat menerima pembayaran dari pembeli melalui jaringan Indomaret di lebih dari 9.000 gerai yang tersebar sampai pelosok daerah. Mekanisme pembayaran praktis ini dapat digunakan oleh pembeli di semua toko online yang mencantumkan layanan pembayaran iPaymu via Indomaret. Pembeli akan mendapatkan notifikasi melalui email secara realtime dengan bunyi pesan,”Anda baru baru saja berhasil melakukan pemesanan pada merchant A. Silahkan lakukan pembayaran melalui kasir Indomaret dengan menunjukan informasi di bawah ini”.

“Sistem pembayaran ini dimaksudkan untuk mengakomodasi dan menjembatani konsumen yang belum menggunakan iPaymu atau mereka yang unbankable, namun berkeinginan melakukan transaksi online. Bayangkan belanja online di toko online dan bayarnya lewat Indomaret,” ungkap Iwan Himawaan, Head of Marketing and Business Development iPaymu, saat jumpa pers di Jakarta (3/7).

Selain melakukan pembayaran, pengguna iPaymu juga dapat melakukan isi ulang saldo. Sebelumnya top up dilakukan dengan tiga cara: mobile banking, internet banking, dan ATM. Ketika pengguna melakukan top up ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama; masuk ke akun iPaymu. Kedua; pilih menu isi saldo sekarang. Ketiga; pilih menu isi saldo melalui Indomaret. Keempat; masukan jumlah deposit yang Anda butuhkan dan ketika PIN Anda, lalu tekan lanjutkan.

“Kami berharap langkah ini bisa mempercepat migrasi dan budaya transaksi konvensional ke sistem online,” imbuh Iwan.

Mengarah ke less cash society

Agung Harsoyo, pakar ICT dan pengamat e-money dari ITB yang hadir dalam jumpa pers tersebut mengatakan, m-money dan m-wallet sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Hal ini didorong semakin tingginya penggunaan ponsel cerdas dan internet. Fenomena ini mengindikasikan terciptanya less cash society sudah di depan mata.

“E-money sangat dibutuhkan di Indonesia dengan sebaran penduduk di berbagai pulau. Ke depannga model transaksi seperti iPaymu akan menjadi piliharan para konsumen,” jelas Agung.

Agung berharap, Indonesia jangan hanya menjadi penonton dari maraknya e-commerce. Online Payment Processor seperti iPaymu katanya berpotensi menjadi pemain utama di e-money, bukan hanya di Indonesia tapi juga global.

Agung merasa bangga karena iPaymu punya visi memajukan usaha kecil dan menengah. “Apalagi iPaymu dibuat oleh generasi anak negeri. Mestinya masyarakat Indonesia lebih menghargai hasil karya anak bangsa, salah satu caranya dengan cara menggunakan layanan iPaymu,” ucapnya penuh harap.

Tony Burhanudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.