Marketing diakui banyak orang sebagai sebuah seni, atau kita bisa menyebutnya sebagai sebuah keindahan inovasi, kreativitas, dan imajinasi. Ada beberapa alasan kenapa marketing dianggap sebagai sebuah seni, di antaranya karena menciptakan koneksi sadar dan bawah sadar antara konsumen dengan iklan yang merupakan elemen penting dalam proses pemasaran.
Pemasaran juga merupakan sebuah seni karena menciptakan cara-cara nonverbal, proses komunikasi yang melibatkan pesan halus dan tersembunyi untuk audience yang spesifik.
“Marketing adalah suatu seni, sesuatu yang tidak ada limitnya,” ujar Iwan Senjaya Key Account Manager J&T Express.
Menurut pria kelahiran Bandung, Jawa barat ini, keuntungan bekerja di dunia marketing itu sangat banyak, di antaranya menambah wawasan dan juga relasi. Namun, di luar sana masih banyak yang kurang percaya dengan aktivitas marketing.
“Tantangan kita adalah bagaimana memanage orang dan membuktikan bahwa apa yang kita jalankan itu sesuatu yang baik dan diperlukan,” lanjut lulusan Universitas Kristen Maranatha 2016.
Solusi untuk mengatasi tantangan tersebut, lanjut Iwan, kita belajar untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda dan memperbanyak komunikasi dengan tim dan mengadakan training untuk meningkatkan kualitas.
“Terus belajar dan peka terhadap suatu perubahan yang dapat menunjuang perkembangan perusahaan,” jelas Iwan.
Diposisinya sekarang, Iwan menargetkan membawa J&T sebagai perusahaan ekspress nomor 1 di Indonesia. “Saya ingin menjadikan J&T Express sebagai perusahaan ekspress nomor 1 di Indonesia,” pungkas Iwan.