Jakpreneur Fest Tumpuan UMKM Ibu Kota untuk Bangkit

Marketing.co.id – Berita UMKM | Untuk membangkitkan kembali sektor UMKM yang terpuruk karena pandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Jakarta Experience Board dan Shopee Indonesia berkolaborasi menggelar Jakpreneur Festival (Jakpreneur Fest) 2021.

Jakpreneur Fest 2021 juga akan menjadi bagian rangkaian HUT 494 Tahun Jakarta yang mengusung tema Jakarta Bangkit. Rangkaian acara Jakpreneur Fest 2021, diisi dengan ragam kegiatan diantaranya Pameran Insidental di Mbloc dan Terowongan Kendal, Kompetisi Bisnis, Kelas Super, Kelas Personal, Pasar Jakpreneur hingga Malam Apresiasi.

Sesuai dengan tema yang diangkat, kolaborasi ini memberikan kesempatan kepada UMKM serta menstimulasi daya beli masyarakat lewat berbagai inovasi, kolaborasi, dan program. Para anggota Jakpreneur dan UMKM yang ada di Jakarta diharapkan dapat meningkatkan kapasitas, membangun jejaring, akses pemasaran, peluang untuk ekspor dan pemberian apresiasi bagi UMKM.

Jakpreneur yang digagas oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan program pengembangan wirausaha terpadu. “Melalui Jakpreneur, setiap UMKM didampingi sesuai dengan fasenya masing-masing. Kami menekankan aspek kolaborasi dengan melibatkan pihak lain sebagai partner dalam program-program Jakpreneur,” jelas Anies saat peluncuran Jakpreneur pada Februari 2020 lalu.

Baca jugaVIDA Bersama BGR Logistics Dukung Program Kemenkop UKM Lewat Kerja Sama ‘UMKM Go Digital’

Plt. Kepala Dinas PPKUKM, Andri Yansyah menandaskan,UMKM menjadi harapan dan tumpuan untuk menggerakkan roda perekonomian yang sedang stagnan karena dampak pandemi. Untuk mengatasi ini jelas Andri diperlukan dukungan dari pemerintah, BUMD dan pihak swasta untuk meningkatkan kapabilitas UMKM yang ada, demi mendongkrak perekonomian daerah, maupun nasional.

“Kami menyambut baik partisipasi Shopee dalam mengambil andil untuk membawa UMKM Jakarta naik kelas,” ujar Andri dalam sambutan konferensi pers di Balaikota pada (18/6).

Direktur Utama Jakarta Experience Board, Novita Dewi mengatakan, semua rangkaian acara Jakpreneur Fest 2021 diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bisnis dan pengembangan UMKM, meningkatkan transaksi penjualan produk, serta mendorong peningkatan keterampilan kewirausahaan yang saat ini sangat dibutuhkan, terutama di masa pandemi ketika situasi menjadi serba sulit.

“Kami berharap, dukungan dari Shopee untuk meningkatkan eksposur, pendampingan, peluang untuk ekspor hingga kompetisi bisnis dapat membantu percepatan bangkitnya UMKM, terutama yang berdomilisi di ibu kota,” tambah Novita.

Konferensi Pers Jakpreneur Fest 2021 Bangkit Bersama Shopee
Konferensi Pers Jakpreneur Fest 2021 Bangkit Bersama Shopee

Rangkaian Jakpreneur Fest 2021 dengan Kompetisi Bisnis, yang menantang UMKM untuk berinovasi dan berkreasi dengan bisnis model yang dimilikinya. Peserta Kompetisi Bisnis berkesempatan untuk memenangkan hadiah uang tunai dengan total Rp 90 juta yang akan diumumkan di Malam Apresiasi pada 27 Juni. Kompetisi bisnis yang dibuka sejak 24 Mei hingga 17 Juni mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi dengan jumlah peserta lebih dari 200 peserta.

Baca juga: Mondelēz International Selenggarakan Kompetisi Bisnis Tingkat Asia Tenggara

Selain Kompetisi Bisnis, para pelaku UMKM diajak untuk belajar bersama dengan para mentor-mentor dari berbagai industri lewat Kelas Super dan Kelas Personal. Dipandu oleh belasan mentor yang ahli di bidangnya, Kelas Super dan Kelas Personal dapat diakses secara gratis oleh seluruh masyarakat melalui www.jakpreneurfest.com, Shopee Live dan kanal Youtube Pemprov DKI Jakarta pada tanggal 20-22 Juni 2021.

Sementara itu demi mendorong kenaikan transaksi UMKM, Jakpreneur Fest menggelar Pasar Jakpreneur di Shopee pada 21 hingga 30 Juni 2021. Radityo Triatmojo Kepala Kebijakan Publik Shopee Indonesia memastikan kegiatan tersebut akan menghadirkan banyak kegiatan yang tidak hanya menambahk eksposur bisnis, tapi juga dapat meningkatkan kualitas daya saing bisnis dan mendorong pertumbuhan bisnis UMKM hingga menuju ekspor.

“Meski berlangsung dalam keterbatasan situasi, Shopee dan Pemprov DKI Jakarta akan membawa experience Jakpreneur Fest ke online melalui Pasar Jakpreneur di Shopee agar masyarakat dapat menikmati kemudahan akses dan penawaran menarik untuk rangkaian produk dari UMKM dan brand lokal asal Jakarta,” tutur Radityo.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.