Jamin Kualitas Produk, FreshBox Unggulkan Konsep “Farm to Table”

Marketing.co.id – Berita Digital I Aplikasi online untuk memenuhi kebutuhan dapur FreshBox ikut mengedukasi masyarakat dengan kebiasaan baru di masa pandemi. Membawa konsep “farm to table”, produk Freshbox merupakan hasil panen setiap hari dan datang langsung dari pertanian yang mereka miliki. Tak ayal, berbelanja pun tetap aman namun dengan jaminan produk yang diterima oleh pelanggan sama segarnya seperti membeli di pasar.

FreshBox

Founder FreshBox, Matthew James mengatakan, bahwa FreshBox dimulai dari sebuah mimpi ibunya untuk menjual sayur-mayur yang segar dikarenakan beliau sangat menyukai berkebun. Matthew Pun percaya akan mimpi beliau dan bersama dengan tim yang luar biasa, kemudian mengembangkan FreshBox hingga saat ini.

“FreshBox merupakan start-up company yang berawal menyuplai kebutuhan company yang bergerak di hotel, restaurant dan katering. Berdiri sejak 2018 dibawah naungan PT Berkah Tani Sejahtera, FreshBox telah bekerja sama dengan ratusan klien ternama di bidang hotel dan restoran,” ujar dia.

Seiring kebutuhan masyarakat, dia melanjutkan, selanjutnya Feshbox ekspansi dengan membuka layanan untuk end user. Pada akhir tahun 2018, FreshBox mulai masuk ke dalam industri marketplace di Indonesia, yaitu ke JD.ID dan Blibli.com, dan FreshBox juga mulai membuka offline store pertamanya di Mall of Indonesia (MOI), Kelapa Gading, Jakarta Utara.

“Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2020, FreshBox terus berinovasi meluncurkan aplikasi layanan daring untuk pelanggan skala rumahan. Aplikasi ini bisa diinstall untuk smartphone Android maupun iOS,” ujar Matthew.

Seiring berjalannya waktu dan pengembangan bisnis yang berkelanjutan, layanan FreshBox sudah bisa dinikmati oleh semua masyarakat di semua platform marketplace di Indonesia. Termasuk juga memiliki 5 offline store yang berada di Mall of Indonesia (MoI), Citywalk Gajahmada, ITC Kuningan, Gandaria dan yang terbaru di Urban Farm PIK (Pantai Indah Kapuk).

“Rencananya, beberapa gerai offline tambahan akan dibuka ke depannya melihat animo masyarakat yang cukup tinggi. Selain fokus pada pengembangan offline store, FreshBox juga fokus pada penyediaan layanan pada main supplier seperti JDFreshmart, Shopee seger dan GOfresh,” ungkap dia.

Berbicara soal pasokan, FreshBox menggandeng para petani di Pulau Jawa untuk menyediakan supply sesuai dengan permintaan pasar. Dengan konsep jadwal produksi antar petani, kerja sama ini menekan risiko hasil panen tidak terjual sekaligus membatasi persaingan di antara mereka.

FreshBox juga memiliki beberapa depo Quality Control yang lokasinya dekat dengan kebun, yang berfungsi memilah dan memilih hasil panen terbaik serta pengemasan yang aman, sebelum dilakukan final check. Tujuannya, untuk memastikan produk yang diterima pelanggan tetap segar, aman dan berkualitas.

“Kami dapatkan produk langsung dari kebun sendiri dan mitra petani. Produk segar dikirim ke fasilitas pemrosesan di mana kami lakukan pemilahan order, quality check dan langsung lanjut untuk last mile delivery ke konsumen,” jelas dia.

Untuk distribusi, FreshBox juga memakai armada yang dilengkapi dengan chiller yang siap mengantar sampai ke pelanggan dalam kondisi segar dan berkualitas. Bahkan untuk menjangkau pelanggan lebih jauh dan lebih banyak lagi, FreshBox telah bekerjasama dengan Bluebird Group untuk memastikan setiap pesanan akan sampai tepat waktu pada konsumen.

Matthew juga menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang mereka unggulkan, di antaranya adalah komitmen pengiriman H+1 untuk menjaga kepuasan pelanggan, memiliki kebun sendiri sehingga produk baik kualitas maupun ketersediaannya bisa dipastikan, dan juga memiliki in-housefleet sendiri.

Bukan hanya sebagai tempat berbelanja untuk memenuhi kebutuhan, gerai offline FreshBox juga dibuat senyaman mungkin bagi pelanggan. Dengan kesadaran hidup sehat dan tren belanja masyarakat di new normal, FreshBox percaya diri akan terus berkembang dan menyentuh banyak lapisan masyarakat.

“Untuk memastikan pelayanan terbaik bagi konsumen, FreshBox juga selalu melibatkan setiap komunitas dalam perkembangan perusahaan, serta memastikan customer tetap bisa mendapatkan pengalaman belanja terbaik versi mereka,” imbuh Matthew.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.