Jangan Lupa Pakai Safety Boots

0
1265

Menurut sejarah diketahui penggunaan sepatu boots pertama kali pada tahun 1200-an saat Jenghis Khan berkuasa di Mongolia. Sang penguasa saat itu kerap kali menggunakan sepatu boots berwarna merah dengan sol bahan kayu. Karena sifatnya yang kuat dan tahan banting, pada perkembangannya sepatu boots menjadi salah satuatribut seragam militer, seperti saat Inggris berperang melawan pasukan Napoleon Bonaparte di Waterloo tahun 1815.

Sejak saat itu sepatu boots semakin banyak dikenal orang dan penggunaannya tidak hanya di kalangan militer tapi juga digunakan oleh sipil untuk berbagai kegiatan. Di era modern sekarang ini sepatu boots memiliki fungsi yang semakin banyak. Misalnya, sepatu boots khusus banjir, sepatu boots khusus pertanian, sepatu boots khusus pertambangan, dan sebagainya.

Beberapa waktu lalu Survey One melakukan survei tentang sepatu boots, untuk mengetahui perilaku konsumen saat ini. Survei dilakukan di empat kota besar di Indonesia melibatkan 1.000 responden. Survei ini dilakukan dengan metode Probability Sampling dengan Multi Stage Random Sampling.

Sebanyak 45% responden merupakan pengguna sepatu boots, sementara 55% sisanya bukan pengguna sepatu boots. Tingkat pengeluaran responden antara 1-5 juta rupiah per bulan.

Dari survei tersebut responden yang tertarik untuk menggunakan sepatu boots sebesar 97,2% TTB (Top Two Boxes),sedangkan yang tidak tertarik hanya 2,8%.

Responden mengaku mudah memperoleh sepatu boots. Tempat penjualan sepatu boots yang biasa dikunjungi adalah toko khusus penjual sepatu boots (68,4%), toko bahan bangunan (14,5%), toko grosir sepatu (7,2%), dan lainnya(1,1%). Toko khusus sepatu boots mendominasi sebagai tempat melakukan pembelian sepatu boots, dimana toko khusus penjual sepatu boots merupakan outlet resmi dari produsen sepatu tertentu.

Dari sisi harga rata-rata responden mengeluarkan dana Rp 64.840 dalam setiap pembelian satu unit sepatu boots. Namun untuk memiliki sepatu boots dengan fungsi khusus untuk banjir rata-rata konsumen harus mengeluarkan dana sebesar Rp 62.900 per unit. Sedangkan ukuran anak-anak dapat diperoleh dengan harga setengahnya,yakni Rp 30.200 per unit.

No

Harga Sepatu Boots

Rata-rata (Rp)

1

Khusus untuk Banjir

62,900

2

Untuk anak-anak

30,200

3

Untuk Motor

90,800

4

Untuk Pertanian/ Perkebunan

67,700

5

Untuk Pertambangan

72,600

Harga Rata-rata

64,840

Dari hasil survei juga diketahui sebanyak 71,3% responden memilih sepatu boots dengan fungsi khusus untuk banjir.

Dari data tersebut kesadaran masyarakat untuk menggunakan safety boots saat banjir sudah cukup besar. Riset dari Survey One ini hanya menggambarkan sedikit saja dari beragam data yang diperoleh dalam riset terhadap tren penggunaan sepatu boots. Semoga data ini dapat menjadi inspirasi bagi para marketer.

( Penulis : Riya Syafitri / Sumber data : Survey One / Website : www.surveyone.co.id )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.