WhatsApp, Telegram, Line, Mana Yang Tepat Untuk Bisnis Online Anda?

0
615
dilema media sosial

perbedaan utama aplikasi pengirim pesan instan whatsapp, telegram, dan linedilema media sosialMarketing.co.id – Berita UMKM | Pandemi Covid-19 telah menciptakan tantangan baru di dunia usaha secara global,  termasuk di Indonesia. Selama pandemi berlangsung, para pelaku bisnis didorong untuk bisa bersikap adaptif dan  inovatif dalam menghadapi tantangan berbisnis.

Meskipun begitu, seiring dengan membaiknya situasi Covid-19 di Indonesia, keadaan ekonomi negara pun mulai  membaik sehingga membuka kesempatan bagi para pelaku usaha untuk mulai mendorong performa bisnis mereka  pasca pandemi.

Berbagai metode dapat dilakukan untuk mendorong performa bisnis, misalnya melalui strategi  marketing di media sosial maupun aplikasi pengirim pesan instan seperti WhatsApp, Telegram, dan LINE.

Di dunia bisnis online, ketiga platform pengirim pesan instan tersebut lumrah  digunakan para pelaku usaha di Indonesia untuk menjual dan mempromosikan produk bisnis mereka. Ketiga  aplikasi tersebut menawarkan berbagai fitur menarik yang dapat bermanfaat bagi para pelaku usaha untuk  mendorong pertumbuhan bisnis mereka, khususnya di pasar online.

Misalnya, pemasangan iklan produk di beranda  aplikasi pesan instan hingga berinteraksi langsung dengan pembeli lewat fitur chat privat. Namun demikian, di sisi  lain, dengan banyaknya platform pengirim pesan instan saat ini, para pelaku usaha mungkin pernah merasa kesulitan  dalam menentukan platform mana yang paling tepat digunakan untuk mengembangkan bisnis mereka.

Nah, untuk menentukan platform yang tepat, penting bagi para pelaku usaha untuk dapat memahami perbedaan perbedaan utama dari masing-masing aplikasi, khususnya dalam hal fitur-fitur yang ditawarkan yang relevan dengan  kebutuhan bisnis.

Yuk, simak perbedaan-perbedaan utama dari aplikasi pengirim pesan instan terpopuler – WhatsApp, Telegram, dan LINE – berikut ini!

WhatsApp

Tidak bisa menambah atau mencari customer baru lewat aplikasi, bisa merespon customer secara langsung lewat fitur chat privat, hanya tersedia satu tipe akun bisnis, bisa mengirim pesan broadcast secara gratis, tidak ada fitur promosi atau pemasaran yang spesifik.

Telegram

Bisa menambah hingga 200 anggota baru ke dalam channel bisnis, bisa merespon secara langsung lewat grup dan channel, bisa mengirim pesan broadcast secara gratis, akun bisnis daat mempromosikan produk atau brand secara live stream di grup dan channel.

Line

Bisa menemukan customer baru lewat aplikasi, bisa merespon customer lewat fitur Line Official Account atau Business messaging Platform, ada tiga tipe akun bisnis, Unverified, Verified, dan Premium, dan akun bisnis dapat mempromosikan brand atau produk lewat Line Ads.

Itulah perbedaan utama aplikasi pengirim pesan instan WhatsApp, Telegram dan Line. Menarik, kan? Dengan mengetahui perbedaan-perbedaan utama dari berbagai fitur platform pengiriman pesan  instan yang bermanfaat untuk mengembangkan bisnis, kini Anda dapat lebih mudah menentukan platform mana  yang paling cocok dengan kebutuhan bisnis online Anda. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.