Jangan Sembarangan! Berikut Tips Konsumsi Vitamin dan Suplemen

0
459
Jovee Siapkan Trik Hadapi COVID-19 di Bulan Puasa
Khusus di bulan puasa ini, Jovee memberikan alternatif suplemen khusus Ramadhan bagi masyarakat, yaitu: multivitamin, habbatussauda dan sari kunyit (turmeric).

Jovee Siapkan Trik Hadapi COVID-19 di Bulan Puasa

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Tidak dapat dipungkiri, kondisi pandemi yang berlangsung selama hampir dua tahun ini telah mendorong masyarakat untuk semakin menjaga pola hidup yang sehat, salah satunya adalah kesadaran mengonsumsi vitamin dan suplemen harian. Selain menambah kebutuhan nutrisi dalam tubuh, asupan vitamin dan suplemen juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Dibalik manfaat dan kemudahannya, namun meminum vitamin juga tidak boleh sembarangan. Konsumsilah vitamin dan suplemen ketika kebutuhan tubuh sedang meningkat, misalnya saat sedang padat aktivitas, menjelang musim sakit seperti pancaroba, dalam masa pemulihan, atau lainnya.

Berikut rekomendasi vitamin dan suplemen harian yang sesuai dengan kebutuhanmu: 

Sering lembur dan kurang tidur 

Bagi kamu yang sering lembur dan tidur larut malam, kamu harus berhati-hati. Pasalnya, kebiasaan tersebut dapat membuat tubuhmu rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan. Selain makan dengan gizi dan nutrisi yang cukup, kamu mungkin perlu mengonsumsi vitamin untuk menambah kekuatan dan kekebalan tubuh. Beberapa di antaranya adalah vitamin C, D, E, dan A. Sebagai antioksidan yang kuat, manfaat vitamin C efektif menetralkan radikal bebas akibat stres oksidatif akibat tidur larut malam.

Selain itu, fungsi vitamin A dapat mencegah kekeringan dan kelelahan pada mata. Sedangkan vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh, yang mana sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi meski sudah lewat masa pertumbuhan. Tentunya tetap harus dibarengi oleh upaya pencegahan lainnya ya, seperti menyempatkan waktu untuk istirahat sejenak di sela-sela bekerja atau belajar, hindari minum kopi, teh, atau minuman kafein lainnya, dan tentunya rutin berolahraga.

Atasi lemas, tambah energi 

Mungkin kamu pernah mengalami hari dimana badan terasa lemas dan letih, baik karena pola makan yang kurang optimal atau sehabis melakukan aktivitas berat. Hal ini bisa kamu atasi dengan mengonsumsi vitamin B12 atau suplemen zat besi. Kedua kandungan ini berfungsi menjaga energimu, salah satunya agar tidak merasa lemas.

Vitamin B12 berfungsi mengubah makanan yang telah dikonsumsi menjadi energi. Sedangkan suplemen zat besi dapat membantu membentuk hemoglobin, yaitu protein dalam sel darah merah yang berfungsi mendistribusikan oksigen yang diproduksi paru-paru ke seluruh badan. Karena terkadang, tubuh lemas bisa juga disebabkan oleh kurangnya kadar oksigen dalam darah.

Cegah flu di musim hujan 

Di musim hujan seperti saat ini, sebagian dari kita mungkin akan rentan terkena flu karena kondisi cuaca yang lebih dingin dari biasanya. Ada beberapa jenis vitamin yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dan cocok dikonsumsi selagi musim hujan. Yang pertama adalah vitamin A, ia akan membantu tubuh untuk mengatur sistem kekebalan tubuh, sehingga kuat melawan bibit-bibit penyakit. Selain itu, kamu bisa juga mengonsumsi vitamin C atau E yang sama-sama mengandung antioksidan. Antioksidan sendiri berfungsi membantu tubuh dalam melawan radikal bebas agar tidak merusak sistem kekebalan tubuh, sehingga mampu menjaga daya tahan tubuh.

Itulah tiga rekomendasi vitamin yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengisi lemari vitaminmu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.