Jejaring Sosial Pertama Di Dunia

0
823

Apakah Anda tahu jejaring sosial yang pertama di dunia? Jika Anda menjawab Friendster, yang diluncurkan pada tahun 2002 yang lalu, maka jawaban Anda kurang tepat.

Friendster memang bisa dikatakan jejaring sosial perintis, yang lebih dahulu eksis dibandingkan MySpace (2003), Orkut (2004), Facebook (2004) apalagi Google+ (2011).

Akan tetapi percayakah Anda jika sebuah media mirip jejaring sosial saat ini, sudah ada sejak tahun 1979?

Seperti yang dikisahkan FastGush, bahkan 10 tahun sebelum World Wide Web tercipta, dua mahasiswa di North Carolina, Amerika, sudah menemukan cara bagaimana mereka dapat membagi berita. Sebuah pengganti papan pengumuman digital, untuk menempatkan pengumuman mereka.

Mereka menggunakan Usenet.

Usenet adalah sebuah jejaring server yang terletak secara terdesentralisasi di seluruh dunia. Dengan membagi informasi di sebuah server dengan server lain di jejaring tersebut, informasi tersebut akan terkirim dengan sendirinya ke server di seluruh jaringan.

Jadi, pesan atau informasi yang disampaikan akan tersimpan di sebuah server pengirim, dan terkirim ke seluruh server penerima di penjuru dunia.

Ini berarti tidak ada pusat server untuk Usenet. Tidak ada orang atau grup yang khusus mengontrol Usenet. Ini adalah sebuah sistem terbuka.

Hal ini tentu berbeda jika kita bandingkan dengan cara kerja jejaring sosial yang ada saat ini. Seluruh data akan tersentralisasi ke sebuah pusat server atau yang sering disebut data center/pusat data, untuk kemudian dapat diakses oleh seluruh komputer di seluruh dunia.

Dari sekian banyak newsgroup, yang paling ramai antara lain adalah comp.*, humanities.*, misc.*, news.*, alt.*, rec.*, sci.*, soc.* dan talk.*. Dari kata-katanya Anda pasti sudah dapat mengira kategori seperti apa masing-masing newsgroup tersebut.

Walaupun Usenet sering diberitakan “meninggal”, karena bahkan mungkin Anda pun tidak pernah tahu keberadaannya, akan tetapi sebenarnya justru tiap tahun perkembangannya semakin signifikan.

Walaupun tidak sefenomenal Facebook, akan tetapi tampaknya Usenet tidak lekang oleh masa. Mungkin saja, jika suatu saat kejayaan Facebook mulai meredup, Usenet akan menampakkan taringnya. (Via Sidomi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.