Jepang Makin Getol Rayu Wisatawan Indonesia

Marketing – Di tengah upaya pemerintah Indonesia untuk menggenjot wisatawan asing agar berkunjung ke Indonesia, rupanya negara lain juga agresif mempromosikan destinasi wisatanya kepada turis Indonesia. Jepang melalui Central Japan International Airport Co., Ltd (Centrair) gencar mempromosikan destinasi wisata Nagoya ke wisatawan Indonesia. Centrair seolah ingin menegaskan, bahwa destinasi wisata Jepang bukan hanya Tokyo atau Osaka.

Keseriusan Centrair terlihat dari ditunjuknya Chelsea Islan, selebriti Indonesia sebagai endorser Centrair di Indonesia. Di sisi lain, pelancong asal Indonesia makin dipermudah pelesir ke Nagoya dengan telah dibukanya penerbangan langsung antara Jakarta dan Nagoya oleh Garuda Indonesia sejak 23 Maret 2019.

Melihat penyebaran wisatawan Indonesia di Jepang yang masih terpusat di golden route yang melewatiTokyo – Osaka, Jepang, Centrair mengangkat slogan “#AdaApaDenganNagoya” untuk memancing rasa penasaran wisatawan Indonesia pada kawasan Nagoya, yang dipercaya akan menjadi rute wisata baru yang tak kalah menarik.

Chelsea Islan yang tempo hari mengunjungi Nagoya dengan menggunakan penerbangan langsung Garuda Indonesia antara Jakarta dan Nagoya, menceritakan pengalamannya berkunjung ke Nagoya selama 3 hari.

”Tidak hanya Shirakawa-go, begitu banyak tempat fotogenik dan menyenangkan yang belum diketahui oleh masyarakat Indonesia. Aku dapat banyak pengalaman baru saat di Nagoya, seperti memakai kimono di kota Inuyama, menonton iluminasi yang indah di Nabana no Sato, makan kuliner lokal seperti hitsumabushi (nasi ikan belut) dan tebasaki (ayam goreng khas Nagoya), dan aku juga bisa berbelanja di shopping district Sakae maupun outlet mall,” katanya dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (9/7/19).

Di antara destinasi menarik di Nagoya, ternyata yang paling favorit bagi artis layar lebar tersebut desa Shirakawa-go. Alasannya, meskipun desa ini banyak dikunjungi wisatawan asing, namun suasana pedesaan dan keasriannya kata Chelsea tetap terjaga. “Suasana desa tetap dijaga meski banyak turis, udaranya sangat sejuk,” tandasnya. Destinasi favorit lainnya bagi Chelsea adalah kota tua Takayama Old Town dan Begonia Garden, tempat dimana sekitar 12 ribu jenis bunga mekar sepanjang tahun.

Chelsea Islan saat berada di Sanko Fushimi Inari Shirine

Di acara yang sama, Centrair meluncurkan video resmi perjalanan Chelsea Islan yang berjudul “#AdaApaDenganNagoya, Jalan-Jalan Bersama Wilayah Chubu dengan Chelsea Islan”. Video ini dapat dilihat di website dan halaman facebook Centrair.

Indonesia saat ini memang sedang mendapat perhatian dari para pelaku bisnis pariwisata di Jepang. Angka pertumbuhan wisatawan Indonesia ke Jepang menunjukkan rata-rata lebih dari 20%, dan jumlah wisatawan Indonesia yang mengunjungi Jepang di tahun 2018 sebanyak 400.000. Jumlah ini tentu relatif jauh lebih kecil dari total populasi penduduk Indonesia yang sekitar 260 juta.

Felix Hartanto dari Central Japan International Airport Co., Ltd., mengatakan, sebagai pintu gerbang wilayah Nagoya, Jepang, Centrair ingin memperkenalkan rute wisata baru Jepang kepada wisatawan Indonesia. “Kali ini, kami bekerja sama dengan Chelsea Islan dengan mengangkat slogan #AdaApaDenganNagoya,” jelas Felix.

Sementara itu, Hidehisa Nagae, Board Member dan Director of Route Development & Marketing dari Central Japan International Airport Co., Ltd. menambahkan, penerbangan langsung Garuda dari Jakarta ke Nagoya sangat praktis bagi wisatawan Indonesia.

Dia mengatakan, dengan penerbangan ini, wisatawan Indonesia dapat menikmati keindahan pemandangan empat musim serta kebudayaan Nagoya dan sekitarnya. ”Sebagai pintu gerbang wilayah tengah Jepang, Centrair akan terus melakukan kegiatan promosi khususnya di Indonesia melalui slogan #AdaApaDenganNagoya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan tempat wisata menarik di wilayah Nagoya, Jepang yang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia,” papar Hidehisa.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.