Jualan Batu Akik Via Online, Mustika Untung Ratusan Juta Per Bulan

0
1054
kisah sukses mustika jualan batu akik online
Mustika – Owner pusat monel dan batu akik di Tokopedia

“Daripada buka tutup toko, lebih baik buka tutup laptop,” tutur Mustika (27) mantan asisten dokter gigi yang kini sukses menggeluti bisnis online seperti dikutip dalam siaran pers.

Selain menjalani peran sebagai ibu rumah tangga, Mustika saat ini aktif jualan batu akik dan kerajinan monel melalui jalur online.

 Mustika menjelaskan alasannya tertarik berjualan online batu akik dan kerajinan monel. “Bisnis batu akik dan kerajinan monel ini awalnya adalah bisnis suami. Dahulu ia memasarkan produk-produk tersebut secara offline.” terang Mustika.

Mustika menyebutkan bahwa penjualan melalui ranah offline tidak lantas memberikan hasil yang signifikan. “Penjualan offline yang statis membuat saya berpikir, mungkin akan lebih baik kalau penjualan juga saya lakukan via dunia maya,” kata perempuan tangguh satu ini.

jualan online batu akikMustika kemudian memutuskan untuk berjualan melalui media sosial, namun hal tersebut ternyata cukup merepotkan. “Saya harus mencari pembeli sendiri, melakukan promosi ke grup-grup jualan di socmed sendiri, apa-apa sendiri, jadi repot karena di sisi lain saya juga harus mengurus rumah, anak dan suami,” terang Mustika.

 Akhirnya pada tahun 2013, Mustika beralih ke Tokopedia. “Berjualan di Tokopedia itu hemat waktu, hemat tenaga, tidak perlu mengeluarkan uang sewa toko dan yang lebih penting lagi adalah gratis tanpa komisi,” ungkap Mustika. “Modal saya membuka Pusat Monel Super Murah (toko online milik Mustika, red.) berjumlah nol rupiah,” ujarnya sambil tertawa.

Perempuan asal Jepara ini menerangkan bahwa fitur-fitur yang ditawarkan Tokopedia cenderung mudah dipelajari. Mustika juga menambahkan bahwa dirinya tidak perlu lagi repot-repot meyakinkan pembeli dan membangun kepercayaan pelanggan.

“Tokopedia sangat membantu. Omzet yang awalnya hanya ratusan ribu per bulan, kini sudah mencapai ratusan juta. Pemasaran yang dulunya hanya sebatas Jawa, kini sudah sampai ke seluruh Indonesia,” kata Mustika.

jualan batu akik onlineMustika mengaku pernah mendapatkan pesanan dengan nilai 20 juta rupiah dalam satu kali transaksi. Bahkan, sampai ada yang menawarkan untuk ekspor ke Taiwan. Kini, hasil penjualan batu akik dan kerajinan monelnya ia manfaatkan untuk membeli tiga motor, 1 mobil dan sebidang tanah.

 

Berikut video “Kisah Sukses Mustika Jualan Online Batu Akik

Editor: Putri Sekar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.