JULO Customer Day: Tips Agar Tetap Cuan di Tahun 2023

0
11
Co-Founder Finplan.id Alif F Adzani

Co-Founder Finplan.id Alif F AdzaniMarketing.co.id – Berita Financial Services | Kondisi keuangan yang sehat merupakan keinginan serta tujuan setiap orang. Terlebih di tengah derasnya isu resesi saat ini, banyak orang yang mencari cara agar tetap bisa bertahan, atau bahkan bisa tumbuh.

Keuangan yang sehat tidak hanya didasari oleh pemasukan yang lebih besar dari pengeluaran, akan tetapi pengaturan yang jelas akan alur serta alokasi keuangan mengambil peran penting guna membentuk batasan agar tidak boros serta memiliki pegangan jika terdapat keperluan darurat.

Lalu, bagaimana agar tetap cuan di 2023?

Co-Founder Finplan.id Alif F Adzani mengatakan, untuk mencapai kondisi keuangan yang baik setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya: 

Tentukan tujuan keuangan

Tujuan keuangan adalah segala hal yang ingin diraih oleh seseorang. Dengan membuat tujuan keuangan kita akan semakin temotivasi untuk menjalani setiap prosesnya.

“Tujuan keuangan adalah segala hal yang akan membuat kita bersemangat. Oleh karena itu, tetapkan tujuan keuangan yang ingin Anda tentukan,” ujarnya dalam acara JULO Customer Day di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (21/1).

Catat pemasukan dan pengeluaran

Pencatatan keuangan adalah salah satu cara untuk mengidentifikasi kebiasaan pengeluaran dan tabungan, serta merupakan langkah pertama untuk mendapatkan kendali atas situasi keuangan Anda.

“Catat setiap pemasukan dan pengeluaran untuk mengevaluasi. Dengan dicatat kita akan tahu kemana uang kita,” ujarnya.

Bayar diri kamu, jangan bayarin orang lain

Sederhananya kita menabung untuk diri kita sendiri. Kita menabung untuk masa depan kita. Kita menabung untuk mempersiapkan diri dengan apa yg akan terjadi di masa depan. 

Investasi

Mulailah berinvestasi agar uangnya bekerja untuk Anda. Ada 2 jenis investasi yang bisa Anda pilih, investasi materi seperti saham, reksadana, dan lainnya. Atau, investasi pengembangan diri. 

Menurut Alif, investasi pengembangan diri ini sangat penting apalagi di situasi saat ini. Ketika kita melakukan investasi untuk pengembangan diri, kemampuan yang kita miliki akan meningkat dan tentunya pendapatan pun juga naik.

Freelance atau kerja sampingan 

Banyak yang mengatakan pendapatannya surut selama pandemi. Ditambah, saat ini banyak kebutuhan yang harganya terus naik. Oleh karena itu kita tidak bisa hanya mengandalkan dari 1 sumber.

Kita harus mencari sumber pendapatan baru agar bisa bertahan di situasi yang sulit ini. Kerja sampingan atau freelance bisa menjadi pilihan Anda untuk menambah sumber pendapatan.

Memulai bisnis

Saat ini menjadi pengusaha menjadi impian semua orang. Lantas, bagaimana memulai bisnis? Untuk memulai bisnis kita tak perlu menunggu modal terkumpul terlebih dahulu. Kita bisa mengajukan kredit sebagai alternatif agar bisa segera memulai bisnis.

“Dengan bantuan kredit kita bisa lebih cepat geraknya. Misalnya untuk membeli alat-alat produksi, membeli bahan baku, kegiatan marketing, hingga membayar karyawan,” jelasnya.

Co-Founder Finplan.id Alif F Adzani jilo customer day Penting untuk diingat, mengajukan kredit ke lembaga keuangan sebenarnya kita sedang menggunakan uang kita di masa depan. Kita juga harus bijak saat menggunakan atau mengajukan kredit. Tips mengajukan kredit untuk modal usaha:

  1. Sesuaikan jenis bisnis dan peluang yang ada. Hindari nilai kredit yang terlalu besar dan tak dibutuhkan.
  2. Gunakan modal usaha dari kredit untuk keperluan bisnis bukan untuk keperluan pribadi.
  3. Sisihkan keuntungan bisnis untuk melakukan ekspansi. Jangan gunakan keuntungan bisnis untuk keperluan di luar bisnis.
  4. Bayar cicilan tepat waktu. Ketika kita memperoleh kredit dari lembaga keuangan seperti JULO artinya kita diberi kepercayaan. Untuk itu, kita harus menjaga kepercayaan itu dengan membayar cicilan tepat waktu.
  5. Manfaatkan promo dan diskon. Jangan lupa untuk memanfaatkan setiap promo atau diskon yang ditawarkan lembaga keuangan. Di JULO misalnya, banyak nasabah yang jeli memanfaatkan setiap promo. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya nasabah JULO yang berhasil mendapatkan berbagai hadiah, mulai dari voucher, uang tunai, emas, hingga sepeda motor di acara JULO Customer Day.

“Tak ada cara instan untuk membuat uang bekerja sendiri. Sederhananya, dimulai dengan perencanaan yang baik, berusaha disiplin saat eksekusi dan semoga hasilnya dinikmati. Terakhir, setelah berusaha jangan lupa berdoa. Sekeras apapun kita berusaha, keputusan tetap ada di tangan Tuhan. So, jangan lupa berdoa,” pungkasnya.

Hingga saat ini JULO sudah digunakan lebih dari 1 juta pengguna dengan pertumbuhan di atas 100% pada tahun 2032. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.