Kampanye Crowdfunding Masjid Chiba Jepang Raih Rp 2 Miliar

tampilan-kampanye-crowdfunding-masjid-chiba-jepang-hingga-8-september-2016Marketingcoid – Penggalangan dana secara online (crowdfunding) di Indonesia memasuki babak baru.

Kampanye kitabisa.com/masjidchibajepang berhasil mengumpulkan donasi lebih dari 2 miliar. Angka tersebut menciptakan rekor baru kampanye crowdfunding online terbesar di Indonesia.

Sebelumnya rekor dipegang kampanye Kitabisa.com/tristanalif yang berhasil mengumpulkan total dana 879 juta rupiah untuk beasiswa pendidikan bola Tristan Alif yang dijuluki “Messi Indonesia”.

Kampanye crowdfunding Masjid Chiba ini berawal dari komunitas muslim Indonesia di Chiba (Jepang) yang bertahun-tahun menyewa tempat untuk beribadah.

Tahun ini mereka mencoba membeli gedung untuk dijadikan masjid. Adapun, batas akhir pelunasan adalah 20 September, jika tidak lunas uang muka akan hangus.

Mereka kemudian melakukan berbagai cara untuk menggalang dana hingga akhirnya memulai kampanye di situs Kitabisa.com. Dengan bantuan netizen, laman tersebut telah di share ribuan kali dan menjangkau jutaan melalui media sosial.

CEO Kitabisa.com Alfatih Timur meyakini, rekor pencapaian crowdfunding online di Indonesia akan terus tumbuh seiring dengan peneterasi internet yang berdampak pada market size situs yang Ia dirikan pada tahun 2013 tersebut.

“Internet dan media sosial memudahkan kampanye crowdfunding saat ini. Kenaikan pengguna media sosial berhasil menyebarkan kampanye dengan efektif dan efisien, sementara perkembangan internet membuat para calon donatur menjadi lebih mudah menyalurkan bantuannya,” kata Alfatih.

Menurut Alfatih, berdonasi secara online akan menjadi tren seiring dengan waktu. Mereka yang ingin menyalurkan dana kini bisa dengan mudah memilih kampanye apa saja yang ingin mereka dukung dalam satu klik.

“Kami kini memberikan pengalaman donasi semudah berbelanja online, dengan sistem pelaporan yang jelas dan transparan, banyak pilihan pembayaran dan donatur bisa mendapatkan update terkini tentang penggunaan dana melalui email,” lanjut Alfatih.

Hingga Kamis (8/9), sudah terkumpul Rp.2.109.700.057 dari 4000 donatur. Mayoritas donatur adalah masyarakat Indonesia yang melihat facebook post yang di sebar ribuan orang. Dan, sebagian kecilnya adalah diaspora Indonesia dari berbagai negara.

Kampanye ini akan terus berjalan hingga 20 September. Siapapun yang tertarik berdonasi bisa langsung mengunjungi kitabisa.com/masjidchibajepang dan klik tombol “Donasi Sekarang”, dari sana akan muncul nomer rekening yang bisa ditransfer.

Kitabisa.com sendiri telah mengumpulkan donasi 30 miliar rupiah dengan lebih dari 2000 kampanye.  “Siapapun bisa menggalang dana di sini, mulai dari biaya medis, memberikan beasiswa, membangun rumah ibadah, dan lain-lain. Tinggal buka website kami dan klik tombol ‘galang dana’. Kami berusaha membuat proses galang dana menjadi lebih transparan dan viral”, tambah Alfatih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.