Kampanyekan #Anti2K, P&G Health Berkomitmen Perangi Neuropati Diabetik

0
769
P&G Health

Marketing.co.id – Berita Lifestyle I Dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia, Procter & Gamble (P&G) Health ingin meningkatkan kesadaran akan gejala neuropati diabetic seperti kebas dan kesemutan yang harus diwaspadai dan dideteksi sedini mungkin. Selain itu, dalam rangkaian acara Jakarta Diabetes Meeting (JDM) 2021, PERKENI Jakarta dan P&G Health Indonesia belum lama ini mengadakan webinar awam bertajuk ‘Diabetisi Fit di Era Pandemi’.
P&G Health
Dr. dr. Tri Juli Edi Tarigan Sp.PD-KEMD, dokter konsultan endokrinologi, metabolik dan diabetes, memaparkan, bahwa neuropati adalah kondisi gangguan saraf tepi dengan keluhan tertentu. Penyebabnya bisa beragam tapi yang paling banyak adalah karena kadar gula tinggi atau neuropati diabetik. Gejalanya mulai dari kebas, kesemutan, mati rasa, nyeri, rasa tebal, rasa berpasir, rasa dingin, panas, terbakar, hingga yang paling berbahaya adalah hilangnya sensitivitas proteksi sehingga tidak bisa merasakan ketika terluka. Ini bisa mengakibatkan luka atau cidera yang dapat berujung pada amputasi.
“Kebas dan kesemutan bisa jadi merupakan gejala awal dan tidak boleh diabaikan. Deteksi dini akan membantu pasien mendapatkan penanganan sejak awal, sebelum terjadi kerusakan saraf yang semakin parah. Salah satu cara mengurangi gejala neuropati adalah dengan melakukan latihan fisik atau berolahraga, serta mengkonsumsi vitamin untuk saraf jika perlu,” ujar dia.
Terkait itu, P&G Health pun secara konsisten melakukan edukasi untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan saraf masyarakat Indonesia melalui berbagai program edukasi berkelanjutan dan berinisiatif bersama Dr. Ade Jeanne Domina L. Tobing, Sp.KO, Dokter Spesialis Kedoktetan Olahraga untuk menciptakan senam Neuromove di tahun 2015. Senam ini mengandung gerakan-gerakan dasar senam dan gerakan-gerakan khusus, seperti menyilang batang tubuh, koordinasi bola mata, tangan, keseimbangan, dan fokus pada gerakan stretching untuk peregangan yang dapat menghindari cedera dan mencegah gejala neuropati.
Selain senam Neuromove, P&G Health juga mendukung sebuah studi bernama studi NENOIN pada 2018. Studi ini menunjukkan, bahwa gejala neuropati seperti tangan kesemutan dan kebas dapat diredakan hingga 62,9% dalam 3 bulan jika mengkonsumsi kombinasi vitamin neurotropik yang mengkombinasikan antara vitamin B1, vitamin B6 dan B12.
Dr. Yoska Yasahardja, Medical & Technical Affairs Manager P&G Health Indonesia menambahkan, sebagai bagian dari upaya untuk terus mengedukasi masyarakat terkait gangguan saraf neuropati, dengan gejala kebas dan kesemutan yang seringkali dianggap remeh, P&G Health melalui Neurobion menginisiasi kampanye #Anti2K atau Anti Kebas dan Kesemutan melalui media sosial.
“Kami berharap, masyarakat akan lebih memahami mengenai gejala ini, tidak lagi meremehkan kebas atau kesemutan yang berulang dan tergerak untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat dan aktif di masa pandemi ini, dengan melakukan olahraga yang mudah diikuti di rumah. Selain itu, bisa juga mengkonsumsi vitamin B neurotropik bila diperlukan,” ungkap Dr. Yoska.
Sepanjang bulan November, P&G Health melakukan serangkaian program edukasi bagi masyarakat umum untuk meningkatkan pengetahuan mengenai deteksi dini dan penanganan neuropati. P&G Health melalui Neurobion menginisiasi kampanye #Anti2K atau anti Kebas dan Kesemutan melalui media sosial dan juga mengadakan webinar awam berjudul “Menjadi Diabetesi Fit di Masa Pandemi” baru-baru ini, serta serangkaian kegiatan edukasi awam lainnya. Secara keseluruhan, P&G Health telah mengedukasi lebih dari 1.200 masyarakat umum.
Selain itu, sebagai upaya edukasi bagi dokter dan tenaga kesehatan, P&G Health mengadakan berbagai kegiatan ilmiah seperti World Diabetic Day Symposium yang berskala internasional yang menampilkan pembicara ahli dari berbagai negara, berperan serta dalam beberapa seminar ilmiah berskala nasional di Indonesia, dan telah menjangkau lebih dari 2.700 dokter dan tenaga kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.