Karakter Wirausahawan Muda Indonesia Menuju Puncak Emas

0
1045
pic source: kaskus.co.id; Wirausaha.

www.marketing.co.id – Puncak Emas Indonesia akan diraih pada tahun 2030 menurut pendapat para ekonom dan kaum terpelajar Indonesia. Puncak Emas yang dimaksud dalam tulisan ini adalah masa saat Indonesia mendapatkan bonus demografi berupa jumlah generasi produktif dalam skala yang sangat besar dan masif dibandingkan dengan generasi nonproduktif (anak-anak dan manula).

pic source: kaskus.co.id; Wirausaha.
pic source: kaskus.co.id; Wirausaha.

Untunglah masa menuju puncak emas demografi ini diiringi dengan kenaikan minat para pemuda dan pemudi Indonesia menjadi pengusaha dan bukan sekedar karyawan. Salah satu di antara mereka adalah Ridho Irawan.

Ridho Irawan adalah salah satu sahabat saya dan kami telah saling mengenal selama lebih dari lima tahun. Sejak pertama kali kami saling mengenal, kami selalu rutin berbagi cerita mengenai impian, cita-cita, lawan jenis, gosip dan berbagai macam rahasia-rahasia terdalam kami.

Salah satu dari impian dan cita-cita Ridho adalah menjadi seorang wirausahawan. Hal tersebut telah ia wujudkan dalam usia yang sangat muda bersama mentornya, Romeo Reijman, melalui perusahaan bernama eXo Digital Agency. Dapat dikatakan karena Ridho juga, DigitalOne (divisi digital Grup Marketing) sudah banyak melakukan kerja sama dengan eXo di berbagai bidang dalam banyak kesempatan.

Saya secara pribadi beropini bahwa Ridho memiliki potensi yang sangat baik untuk menjadikan diri dan perusahaannya menjadi jauh lebih maju dan lebih baik dari sekarang. Pengertian jauh lebih baik dan lebih maju dalam pendapat saya adalah pencapaian lima kali lebih tinggi dari rata-rata lingkungannya. Sebagai contoh, jika saat ini pendapatan rata-rata orang Indonesia adalah 3000 USD per tahun, maka seseorang yang berpendapatan 15000 USD per tahun memiliki pencapaian lima kali lebih baik dari rata-rata. Oiya, untuk seterusnya saya akan menyingkat pencapaian lima kali dengan 5X.

Basis dari opini saya adalah Ridho memiliki bibit-bibit karakter utama yang harus dimiliki para pengusaha dan orang-orang ternama di berbagai bidang yang memiliki 5X lebih tinggi dari rata-rata lingkungannya. Berikutnya, saya akan memberikan contoh implementasi karakter tersebut dalam kehidupan pribadi Ridho Irawan, berhubung yang bersangkutan ingin lebih merahasiakan  implementasi karakter dalam kehidupan profesional.

Jadi, karakter-karakter utama yang perlu dimiliki wirausahawan muda Indonesia demi menuju puncak emas Indonesia adalah:

1.       Memiliki tujuan terukur meraih masa depan

Semua manusia 5X yang saya kenal di dunia ini, mulai dari pribumi Indonesia, Cina, Yahudi, Rusia, Belanda, dan masih banyak lagi, selalu menetapkan tujuan terukur dan presisi dalam hidupnya. Ridho memiliki karakter menetapkan tujuan terukur untuk meraih masa depan yang dia inginkan baik dalam kehidupan profesional maupun pribadinya.

Sebagai contoh adalah tiga tahun lalu (2010) saat Ridho menetapkan tujuan untuk memiliki tempat tinggal, meski dengan cara mencicil. Ridho menetapkan tahun untuk dapat memiliki tempat tinggal tersebut, sekaligus mengukur besaran sumber daya yang dia perlukan untuk mencapainya dari segala sisi.

Jadi, sebagaimana yang diucapkan Ibu saya, “Semua hal harus diperhitungkan.” Tentu saja saya sangat mempercayai ucapan Ibu saya karena berbasis fakta dan angka pencapaian beliau sedari kecil di bidang pendidikan maupun profesional yang mencapai angka jauh lebih tinggi dari 5X di atas rata-rata gendernya dan bahkan di atas rata-rata orang Indonesia.

2.       Disiplin kuat untuk mewujudkan impian

Pada paragraf sebelumnya, saya menceritakan bahwa Ridho menetapkan tujuan terukur untuk dapat memiliki tempat tinggal semenjak 2010. Kini (2013), Ridho sudah memulai langkah awal mewujudkan impiannya dengan membayar uang muka kepemilikan rumah. Dengan adanya langkah awal tersebut, Ridho sudah menunjukkan bahwa dia memiliki disiplin kuat untuk mewujudkan impian dan tidak sekedar modal omong doang.

 3.       Tahan banting

Tahan banting yang saya maksud di sini adalah mampu bersikap tenang dan tabah dalam menghadapi dan menerjang berbagai bentuk hambatan dan tantangan untuk mencapai tujuan. Life is a bitch, shit happens.

Saya secara pribadi mengetahui cercaan, hambatan dan pesimisme yang diberikan orang di sekitar Ridho saat berusaha memiliki rumah. Namun, Ridho mampu menghadapi dan melewati itu semua dan tetap berdisiplin untuk mencapai dan mewujudkan tujuannya.

Singkatnya, kalau Anda tidak tahan banting, mudah mengeluh, mudah menyerah, mudah emosi terhadap hambatan dan tantangan dalam berbagai bentuk, entah cercaan, keuangan, cuaca, dsb, berarti Anda memang sudah memutuskan menjadi orang rata-rata, bahkan mungkin di bawah rata-rata. (Andika Priyandana – Chief Editor Marketing.co.id)

 

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.