Karir.com Rilis Fitur Panduan Gaji Berdasarkan Industri

0
1169
Tips Sukses Melamar Kerja
Karir.com Rilis Fitur Panduan Gaji Berdasarkan Industri - Salary Benchmark
Para pencari kerja saat mengisi aplikasi untuk melamar kerja dalam karir.com expo di Jakarta, Rabu (4/11). INDRA HARDI/RM

Karir.com berkolaborasi dengan Kelly Services Indonesia merilis fitur Salary Benchmark.

Salary Benchmark adalah fitur pembanding gaji yang memungkinkan calon pelamar mengetahui gaji di pasaran untuk level posisi dan industri yang sama, dan lamanya berkarir di industri tersebut.

Dino Martin, CEO Karir.com mengatakan, “Dengan fitur ini, sebelum melamar di sebuah perusahaan, seseorang sudah memiliki target berapa gaji yang akan mereka ajukan. Kalau selama ini mereka kerap bingung dan hanya main tebak saja, sekarang mereka tahu gambaran yang lebih baik.”

Dino menjelaskan bahwa kontribusi Salary Benchmark bagi tenaga kerja Indonesia tak hanya sampai di situ saja.

“Fitur ini sangat mendukung seseorang dalam berkarir, dan inilah objective kami dalam setiap produk yang kami kembangkan. Kami ingin seseorang tak hanya memikirkan pekerjaannya saat ini namun juga karir ke depannya. Kami ingin menemani seseorang dalam perjalanan karirnya. Seseorang harus terus berkembang dan menambah ilmu seiring berjalannya waktu.”

“Dalam kasus industri financial/banking, ketika hanya satu di antara 50 pemburu karir yang memiliki kesempatan berkarir karena terbatasnya kesempatan, saat 49 lainnya memutuskan berpindah industri dan memulai karirnya di sana, mereka bisa memanfaatkan Salary Benchmark sebagai panduan gaji untuk jenjang karirnya.”

“Banking memang industri yang murah hati memberikan remunerasi. Apalagi bagi top level-nya. Tahun 2014, salah satu bank “plat merah” dalam laporannya di BEJ menyatakan total remunerasi bagi jajaran direksi dan komisaris mencapai 514,8 milyar rupiah.Ini bilangan yang fantastis,” kata Dino.

Karir.com Rilis Fitur Panduan Gaji Berdasarkan IndustriBernadette Themas, Managing Director Kelly Services mengungkapkan, Pergerakan talenta di Indonesia tahun 2015 masih cukup agresif, terlihat dari banyaknya perpindahan talenta dari satu perusahaan ke perusahaan lain, baik dilakukan secara personal maupun melalui jasa headhunter.

Sementara tawaran kompensasi masih menjadi daya tarik utama untuk talenta dalam melihat tawaran kerja baru di samping alasan peningkatan karir dan mencari tantangan baru.

Walaupun pergerakan perekonomian Indonesia sedang mengalami gejolak, kebutuhan akan talenta masih tetap diperlukan terutama untuk industri Financial Service Institution, Infrastruktur, E-Commerce, Tekhnologi dan Pertanian.

“Kami ingin menyediakan gambaran atau referensi bagi pengusaha dan pencari karir mengenai gaji di Indonesia. Memberikan panduan dalam meningkatkan strategi sourcing bagi para pemimpin industri untuk bisa menarik karyawan ke organisasinya, juga sebagai referensi untuk mempertahankan karyawan yang mempunyai potensi besar di bidangnya,” ungkap Bernadette.

Dino mengungkapkan bahwa selain informasi gaji di pasaran, pencari karir juga akan mendapatkan Tips Karir berdasarkan hasil penghitungan gajinya.

Di mana, sign In/Sign Up, pengguna akan dibawa ke sebuah halaman untuk melengkapi data, seperti data pribadi dan industri, fungsi pekerjaan, level posisi, lama berkarir di industri tersebut, dan lain-lain.

Informasi ini diperlukan oleh sistem untuk menghitung bagaimana posisi gaji seseorang di pasaran, atau dengan kata lain untuk mencocokkan informasi pengguna dengan database Karir.com.

Product Manager Karir.com Ratih Pulkeria mengatakan, Salary Benchmark dapat diakses melalui alamat karir.com/salary, dan setiap orang berkesempatan memenangkan satu unit Vespa S jika membagikan informasi tentang Salary Benchmark kepada minimal lima orang melalui email.

Kontes akan berlangsung hingga 22 Januari 2016, dan satu akun/pengguna hanya diberi kesempatan menggunakan fitur ini setiap enam bulan sekali.

“Kami berasumsi bahwa performance review di perusahaan dilakukan paling cepat setiap enam bulan. Jadi, gaji pun hanya akan berubah atau naik paling cepat enam bulan kemudian. Selain itu, hal ini juga supaya orang tidak asal-asalan menuliskan gajinya, sehingga data yang kami dapatkan pun semakin valid,” jelas Ratih.

Beberapa industri dengan jumlah pelamar terbanyak satu bulan terakhir yaitu trading (133.789 pelamar), manufacturing (102.667), retail (75.038) dan service (109.269). Sedangkan job function di industri financial/banking yang paling diminati di antaranya Banking Operations (25.760 pelamar), Administration (10.994), Customer Service (7.934), Accounting/Finance (6.723) dan Secretary (3.632).

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.