Keahlian Marketing bagi Para Pelaku Bisnis

Marketing.co.id- Keahlian marketing atau pemasaran bagi para pelaku bisnis memang memegang peranan penting. Selain itu, para pelaku  bisnis tentunya tidak hanya ditutut bisa menciptakan produk-produk unik namun juga harus memiliki kemampuan khusus dalam hal memasarkan produk. Tanpa didukung strategi pemasaran yang jitu, bisa dipastikan bila bisnis tersebut tidak bisa berkembang dengan pesat dan omset yang didapatkan pastinya juga belum bisa maksimal.

Maka tidak ada salah, keahlian di bidang pemasar begitu penting. Berikut beberapa keahlian yang perlu didapat oleh pelaku bisnis agar usahanya semakin berkembang, yang dilansir dari bisnis ukm.

1. Perkuat komunikasi guna membangun loyalitas konsumen

Keahlian di bidang komunikasi tentunya sangat dibutuhkan seorang pelaku pasar. Melalui hubungan komunikasi yang baik, tidak menutup kemungkinan bila kedekatan Anda dengan konsumen bisa bertahan hingga waktu yang relatif cukup lama. Sehingga merekapun tidak segan-segan untuk semakin loyal dengan produk-produk yang Anda tawarkan. Contoh sederhana dari poin ini bisa dilihat langsung ketika Anda berbelanja kebutuhan sehari-hari, tentunya Anda akan memilih sebuah warung atau toko yang pelayanannya baik, dan penjualnya relatif ramah. Ketika komunikasi terjalin dengan baik, maka para konsumen pun tidak ragu-ragu untuk menjadi pelanggan setia Anda.

2. Ciptakan daya tarik tersendiri bagi konsumen
Ketika Anda telah membidik target konsumen, maka selanjutnya berikan umpan menarik yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya saja Anda membidik kalangan ibu rumah tangga sebagai sasaran pasar Anda, maka kebutuhan yang paling banyak mereka cari adalah barang-barang pokok sehari-hari yang dijual dengan harga cukup bersaing, atau menawarkan diskon besar-besaran untuk menarik minat konsumen. Ingat, kuncinya adalah berikan solusi tepat bagi permasalahan yang mereka hadapi.

3. Tuntaskan penawaran dengan menjadi seorang ahli
Untuk meyakinkan calon konsumen dan menuntaskan pemasaran dengan baik, berusahalah untuk menjadi seseorang yang ahli dibidang tertentu sebelum akhirnya Anda menjual produk atau jasa kepada calon konsumen. Misalnya saja seperti keahliah para pelaku bisnis bengkel motor yang diperoleh dari bekal pengetahuan dan pengalamannya di bidang otomotif dalam waktu yang cukup lama, ternyata memberikan nilai positif di mata  para calon konsumen, sehingga pada akhirnya mereka tidak segan-segan untuk mempercayakan permasalahan kerusakan motornya kepada bengkel tersebut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.