Kelola Surplus Makanan, McDonald’s Indonesia Gandeng FoodCycle

0
883

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods I McDonald’s Indonesia menggandeng FoodCycle menggelar program Food Rescue untuk mengelola donasi surplus makanan dari restoran McDonald’s Indonesia untuk dibagikan kepada pihak yang membutuhkan. Surplus produk yang dibagikan adalah makanan yang masih layak dan aman untuk dikonsumsi dan masih memiliki kandungan nutrisi yang baik.

Sutji Lantyka, Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia mengatakan, bekerjasama dengan FoodCycle untuk mengelola surplus makanan dari restoran-restoran McDonald’s Indonesia. Program ini telah berjalan secara kontinyu sejak tahun 2020. Kerjasama ini dilakukan sebagai bentuk partisipasi aktif untuk mengambil bagian dalam meminimalisir surplus produk serta membantu mengatasi tingkat kelaparan di Indonesia.
“McD Berbagi adalah program rutin McDonald’s Indonesia untuk menyebarkan semangat berbagi kepada sesama. Antara lain, selalu mengirimkan donasi makanan ke daerah-daerah yang tertimpa bencana, ke komunitas-komunitas yang membutuhkan di sekitar restoran McDonald’s, kepada para petugas pelayanan publik. Sejak pandemi juga kami rutin mengirimkan makanan untuk para petugas kesehatan dan sukarelawan di rumah sakit, termasuk rumah sakit darurat, serta kepada para pengemudi ojek online,” ujar dia.
Ditambahkan Imam Gazali, Quality Assurance Manager McDonald’s Indonesia menambahkan, secara keseluruhan, McDonald’s tetap akan memastikan bahwa seluruh produk yang didonasikan dalam keadaan aman dan layak dikonsumsi baik secara kualitas, rasa dan bentuk, serta diterima oleh pihak yang tepat.
“Sejak tahun 2020 hingga saat ini, McDonald’s Indonesia telah membagikan surplus produk sebanyak lebih dari 9,8 ton makanan dan telah mendistribusikannya kepada total 51 yayasan yang membutuhkan,” ungkap Imam.
Selain it, kerjasama dengan FoodCycle merupakan wujud tanggung jawab McDonald’s Indonesia terhadap lingkungan untuk meminimalisir limbah makanan. Menurut data yang didapat dari riset FoodCycle, sejak tahun 2000 hingga 2019, sampah makanan di Indonesia mencapai 23 juta hingga 48 juta ton. Jumlah limbah makanan di Indonesia dalam satu tahun setara dengan makanan yang dapa tdikonsumsi 28 juta orang.
Cogito Ergo Sumadi Rasan, General Manager FoodCycle Indonesia menambahkan, setiap hari FoodCycle melakukan pengambilan surplus produk (Food Rescue) sebanyak dua kali sehari di store McDonald’s di wilayah Jakarta Utara dan Tangerang Selatan. Kemudian, dikirimkan ke berbagai Yayasan yang tersebar di wilayah Jabodetabek. Sebelum didistribusikan, produk akan diperiksa kembali kualitasnya dan dikemas ulang.
“Kami juga memastikan kepada pihak penerima manfaat, baik dari Panti dan non-Panti yang kami sebut sebagai Front Line Organization (FLO), untuk segera mengkonsumsi produk pada hari yang sama,” pungkas Cogito.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.