Kembali Digelar, Culinary Wedding Festival 2023 Usung Tema “Nusantara dalam Industri Pernikahan”

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Penyelenggaraan Culinary Wedding Festival #2 kembali digelar dengan mengusung tema “Nusantara dalam Industri Pernikahan”. Acara yang berlangsung mulai 3-5 Februari 2023 di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 1.000 orang per harinya.

Sasana Kriya

Ivone Susiana, Direktur Utama & Pelaksana Acara di Sasana Kriya TMII menjelaskan, Culinary Wedding Festival ini sekaligus bertujuan untuk memperlihatkan wajah baru TMII dan menjadi tolak ukur bangkitnya gairah industri pernikahan di Indonesia pascapandemi Covid-19.

“Sejalan dengan konsep Taman Mini Indonesia Indah sebagai etalase budaya Indonesia, maka Sasana Kriya sebagai penyelenggara dan venue. Diharapkan, ini dapat menumbuhkan kembali industri dunia pernikahan yang sempat turun sejak dua tahun terakhir. Selain itu, acara ini juga dapat membawa dampak positif untuk kebangkitan dan kemajuan bersama, baik bagi para vendor, pelaku ekonomi kreatif dari hilir ke hulu, serta memudahkan pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan mendatang,” papar dia.

Dia menambahkan, Culinary Wedding Festival dibuka dengan pencapaian Rekor Muri untuk kedua kalinya. Kali ini, Sasana Kriya menggelar ragam seni dan budaya, yakni berupa memasak Aneka Sop Khas Daerah Nusantara Terbanyak, dengan partisipasi dari para peserta catering dan  anjungan-anjungan TMII. Sebelumnya, tahun 2017 lalu, penyelengara menorehkan sejarah dalam Penyajian Makanan dengan Rijstaffel dari daerah terbanyak.

Kolaborasi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Propinsi DKI Jakarta sebagai pembina hampir semua sektor industri pernikahan yang terlibat mulai dari venue, catering, dekorasi, musik, busana, rias dan wedding organizer dalam mengembangkan karya-karya kreatif dan perajin di Jakarta  dapat  membawa kegiatan pariwisata semakin meningkat. Termasuk juga dukungan partisipasi Dewan Kerajinan Nasional Daerah Propinsi DKI Jakarta (Dekranasda) DKI Jakarta dengan membuka booth di pameran dapat memudahkan pengunjung melihat hasil kerajinan yang dapat gunakan untuk  pernikahan calon pengantin.

Menariknya, Abang None Jakarta turut memperagakan tampilan busana pengantin Nusantara klasik dari Zainal Songket, busana nusantara modern dari Redberry, serta pagelaran kekayaan Wastra Nusantara (wastra nusantara berarti kain yang tidak dibuat dengan mesin dan tersebar di seluruh nusantara) Pagelaran Wastra nusantara tersebut disajikan oleh anjungan-anjungan daerah TMII.

Selain itu, beberapa tarian Nusantara akan ditampilkan – khususnya yang biasa digunakan untuk prosesi pernikahan adat daerah, seperti dari Jakarta ada Palang Pintu dan Tari Topeng; Jawa tengah dengan Tari Bedoyo Setyo Bumi dan Tarian Tradisional Kalimantan Timur Enggang Hudog sebagai ungkapan rasa syukur atas terlaksana acara ini dan untuk  menyambut tamu-tamu yang hadir di Sasana Kriya TMII.

“Suasana Nusantara sangat melekat ketika mulai memasuki lobi gedung. Pengunjung akan dimanjakan dengan musik-musik tradisional sedangkan untuk dekorasi yang bertema seni kriya Nusantara dapat dilihat dari lorong Nusantara oleh Rumah Kampung Dekor,” imbuh Ivone.

Tak hanya itu, dia menambahkan, Culinary Wedding Festival juga akan membuat tren baru yang kekinian, yakni bekerjasama dengan platform order online dari Bank Mandiri yaitu Yokkebiz. Dimana, para calon pengantin bisa memesan menu makanan secara online terlebih dahulu dari mana saja dan setelah memasuki area pameran akan langsung dilayani oleh penyelenggara untuk mencoba menu makanan yang sudah dipesan melalui online sebelumnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.