Kembangkan Marketing Plan Anda, Ini caranya!

Sebelum membuat komitmen dengan Anda, para investor biasanya ingin mengetahui marketing plan Anda untuk sebuah produk baru yang Anda ajukan. Mengembangkan marketing plan juga memberikan Anda kesempatan untuk mengorganisasi buah pikiran Anda dan menemukan titik-titik permasalahan dalam strategi Anda.

Lantas, langkah-langkah apa yang harus Anda tempuh ? Berikut ini beberapa petunjuk yang dapat Anda terapkan :

  1. Jelaskan produk anda secara detail. Apa saja fitur yang paling signifikan? Apakah produk masih dalam pengembangan, atau siap untuk diluncurkan ?
  2. Identifikasikan target pasar Anda. Siapa pangsa pasar utama produk ini? Sertakan semua riset pasar, termasuk angka penjualan secara historis dari jenis produk yg anda tawarkan.
  3. tingkatkan kompetisi. Siapa pesaing utama Anda? Bagaimana produk Anda dibandingkan dengan mereka? seberapa kuat dari pijakan yang mereka miliki di pasar? Lihatlah metode yang mereka gunakan untuk memasarkan produk mereka.
  4. Ungkapkan Detil strategi pemasaran Anda. Bagaimana Anda akan mengiklankan dan memasarkan produk Anda? Fitur produk yang mana yg akan Anda fokuskan? Berapa jadinya harga produk dan mengapa bisa demikian?
  5. Jelaskan cara kerja Anda. Sertakan rencana Anda untuk layanan pelanggan, kredit yang diusulkan dan persyaratan penjualan, kualifikasi dan prestasi tim manajemen Anda, dan lokasi fisik bisnis Anda.
  6. Siapkan laporan keuangan berdasarkan proyeksi penjualan, ongkos dan pengeluaran operasi. Sertakan proyeksi arus kas, laporan laba rugi untuk setidaknya tiga tahun.

Tips kami untuk Anda:

  1. Bagilah rencana kerja Anda berdasarkan topik di atas. Mulailah dengan ringkasan yang memberikan gambaran keseluruhan dari produk Anda dan fitur-fitur unggulannya.
  2. Dalam setiap bagian dari rencana tersebut, cobalah selalu untuk menunjukkan bagaimana produk Anda dan strategi mengatasi persaingan.
  3. Rencana pemasaran Anda harus didukung riset yang solid, informasi dan proyeksi keuangan yang rinci, maka semakin besar kemungkinan Anda akan mendapatkan dukungan dari investor.
  4. Mintalah seorang akuntan membuat tinjauan proyeksi keuangan Anda untuk keakuratannya.
  5. Usahakan salinan rencana pemasaran telah diedit dan diperiksa oleh sumber yang dapat dipercaya. Kadang-kadang, terlalu banyak “jargon” dapat membuat investor prospektif kehilangan minat

sumber:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.