Kembangkan Pasar Mesin Cuci Komersial, LG Usung Laundry Lounge

LG Electronics Indonesia (LG) berencana untuk lebih meningkatkan penetrasi di pasar pengguna komersil atau B2B (Business to Business). Melalui jajaran produk mesin cuci, strategi ini dilakukan melalui kemitraan strategis dengan PT. Triton Internasional yang dikenal sebagai distributor mesin cuci komersial di Indonesia.

LG Usung Laundry Lounge

 

Uniknya kemitraan ini, tak sebatas memberikan hak kepada PT. Triton Internasional untuk menjual produk mesin cuci khusus penggunaan usaha laundry, namun juga membawa konsep bisnis self service laundrybertajuk Laundry Lounge. Konsep inilah yang nantinya akan ditawarkan bagi pengusaha dan calon pengusaha laundry. “Dengan semakin bertumbuhnya hunian vertical dan mobilitas masyarakat yang tinggi, konsep ini dibuat sebagai solusi bagi pengusaha untuk mengembangkan bisnis laundry yang sesuai gaya hidup modern,” ujar Andry Siswandi, Branch Manager PT. LG Electronics Indonesia.

Dia menambahkan, Laundry Lounge merupakan konsep yang menggabungkan layanan laundry atau cuci pakaian dengan kenyamanan penggunanya. Kenyamanan ini menjadi unsur penting karena dalam konsep ini, pengguna melakukan self-service dalam mengakses layanan laundry. Kenyamanan yang disajikan termasuk keberadaan ruang tunggu yang nyaman, TV, ketersediaan makanan atau minuman ringan dan konektivitas WiFi.

Konsep Laundry Lounge pertama dibuka di Apartemen Kalibata City Tower R, Jakarta. Pada bangunan seluas 130 meter persegi ini, tersedia 21 set mesin cuci dan mesin pengering LG yang memang peruntukannya bagi penggunaan komersial. Dengan kapasitas tersebut, Laundry Lounge ini mampu mengakomodasi 350 hingga 400 pelanggan pada tiap harinya.

Terkait dengan kemitraan ini, Kevin Nathaniel, Direktur PT. Triton Internasional menyatakan, ”lni merupakan kemitraan strategis diantara dua perusahaan dengan reputasi yang telah dikenal baik dalam industri. Pengalaman dan reputasi panjang kami di industri laundry berpadu dengan teknologi dengan kualitas mesin cuci LG yang telah dipercaya lintas generasi,”.

Kevin menambahkan, pihaknya optimistis pada kemitraan yang terjalin sekaligus konsep laundry lounge ini. Bahkan secara simultan akan terus menambah jumlah laundry lounge ini di berbagai kota di Indonesia. Surabaya dan Bandung menjadi kota sasaran di pulau Jawa – selain Jakarta. Sementara Bali, Makassar, Medan dan Pekanbaru menjadi kota sasaran untuk area di luar pulau Jawa.

Di sisi lain, disinggung mengenai perkiraan jumlah Laundry Lounge yang akan dibuka sepanjang tahun ini, pihaknya mengharapkan untuk dapat membuka 30 Laundry Lounge secara nasional. Pasar yang sedang bertumbuh dan kolaborasi kedua perusahaan yang memiliki pengalaman panjang serta reputasi baik di industri masing-masing dikatakannya sebagai modal besar untuk mewujudkan target ini. “Pasar yang bertumbuh bersanding dengan kemitraan yang membawa konsep baru ini membuat kami optimis untuk semakin mengembangkan pasar mesin cuci komersil di lndonesia,” ujar Andry.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.