Kemenkominfo Gelar Pekan Literasi Digital untuk Ratusan Warga Kupang

Marketing.co.id – Berita Digital & Tech | Kampanye #MakinCakapDigital yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi terus berlangsung. Pada kesempatan ini, Pekan Literasi Digital mengadakan workshop satu hari yang diselenggarakan secara langsung pada tanggal 30 Mei 2023 di Grand Mutiara, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tema yang diangkat adalah “Pentingnya Pengetahuan & Kecakapan Dalam Menggunakan Media Digital”.

pekan literasi digital kemkominfo
Narasumber (Ivan Raymond Rondo,Yandri Lasi, Khemal Andrias, dan Zacharias Yezua Matias Therik ) workshop Pekan Literasi Digital, bagian dari dari kampanye #MakinCakapDigital oleh Kemenkominfo, di kota Kupang (01/06) NTT.

Berdasarkan data We Are Social, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 167 juta orang pada bulan Januari 2023. Angka tersebut setara dengan 60,4 persen dari total populasi Indonesia. Rata-rata waktu yang dihabiskan masyarakat Indonesia untuk menggunakan media sosial mencapai 3 jam 18 menit setiap harinya. Tiga platform media sosial yang paling populer di Indonesia pada bulan Januari 2023 adalah Whatsapp (92,1 persen), Instagram (86,5 persen), dan Facebook (83,8 persen).

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT, Yandri Lasi, dalam sambutannya menyatakan bahwa perkembangan pesat teknologi informasi harus diimbangi dengan peningkatan kemampuan sumber daya manusia. Oleh karena itu, menurut Yandri, literasi menjadi langkah akselerasi untuk menciptakan masyarakat yang mahir dalam pemanfaatan media digital, termasuk dalam bermedia sosial dengan etika yang baik.

“Dengan kecakapan bermedia sosial masyarakat jadi memiliki kemampuan menyaring dan memverifikasi informasi yang didapatkan. Optimalisasi media sosial bermanfaat untuk diri, lingkungan sekitar maupun pembangunan NTT dan Indonesia” kata Yandri.

Penggiat Industri Kreatif dan Digital Enthusiast Ivan Raymond Rondo mengatakan, pengaruh media sosial secara global terus mengalami pertumbuhan. Oleh sebab itu, kecerdasan bermedia sosial sangat dibutuhkan supaya tidak menjadi bagian dari penyebaran hoax.

“Pastikan informasi yang kita unggah di media sosial berdampak baik. Selalu periksa kebenarannya dan jangan terburu-buru hanya supaya menjadi yang pertama memposting,” ujar Ivan.

Penjelasan Ivan selaras dengan hasil survei Reuters Insititute bekerja sama dengan Universitas Oxford mengenai pola konsumsi berita dan pasar digital secara global dalam Digital News Report 2022. Survei tersebut menyebutkan 68 persen masyarakat Indonesia mengonsumsi berita melalui media sosial, mengalahkan televisi 57 persen dan media cetak 17 persen.

CEO Next Generation Khemal Andrias berbagi tips dan trik untuk membuat konten yang menarik hingga cara untuk meningkatkan engagement di media sosial. Menurut dia, konten harus memiliki twist atau cerita yang tidak mudah diprediksi serta memiliki pendekatan emosional. Ia menambahkan, masyarakat harus tetap memperhatikan etika dan jangan sampai kebablasan hanya untuk mengejar viral. “Tantangannya adalah bagaimana supaya netizen mau menyimak dan bisa mengerti pesan yang ingin disampaikan, meski kontennya berdurasi singkat,” kata Khemal.

Melengkapi pemaparan Khemal, Founder DMBS Creative Group Zacharias Yezua Matias Therik mengingatkan tentang pentingnya membangun branding di media sosial. Bila branding positif telah terbentuk, lanjut dia, maka media sosial dapat dipergunakan sebagai sarana marketing yang mendatangkan cuan. “Dengan modal kreativitas, kita bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana marketing yang cepat dan murah,” ujar Zacharias.

Masyarakat Kota Kupang antusias menghadiri workshop. Terlihat dari 800 orang yang menghadiri, mulai dari Komunitas Bersepeda Kupang, Komunitas Kupang Berbagi, Badan Musyawarah Perguruan dan sejumlah penggiat UMKM. Di akhir workshop, para peserta dihibur dengan penampilan band lokal, stand-up comedian serta berbagai doorprize menarik.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.