Kemeriahan Service Quality Award 2012

0
603

Marketing.co.id – Service Quality Award (SQ Award) kembali digelar tahun ini. Pergelaran ini berlangsung di Hotel Mulia Senayan pada 10 Mei 2012 malam ini. Kita sering mendengar kata service dan service itu adalah sesuatu yang unik, yang dapat dirasakan langsung oleh pelanggan dan siapapun yang berhubungan dengan perusahaan dan dipercaya menjadi alat pembeda dalam kompetisi.

Pada jaman sekarang sangat sulit menemukan pelanggan yang loyal di era kompetisi bebas. Mereka yang memberikan service yang baik tetap saja kehilangan pelanggannya, apalagi bagi meraka yang tidak memberikan service. Maka sudah semestinya SQ Award memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang memberikan service yang baik kepada pelanggan.

Metode yang dilakukan oleh SQ Award adalah dengan memakai metodologi riset Indonesian Service Satisfactions Index (ISSI) yang dilakukan di 4 kota besar, yakni Jabodetabek, Surabaya, Medan, dan Semarang, dengan jumlah responden hampir 3000 responden. Mereka terdiri dari 1650 responden random ditambah sekitar   1300 responden booster. Booster ini diperlukan untuk menambah kebutuhan minimal sampel size untuk analisis statistik.

Kriteria responden adalah mereka yang berusia antara 20-60 tahun; tingkat pengeluaran keluarga  perbulan bervariasi, mulai c (Lebih dari Rp 1.000.000,-) hingga A++ (Lebih dari Rp 10.000.000,-), pernah menggunakan layanan after sales atau service points (walk in centers) dalam 3 bulan terakhir. Untuk responden booster kriterianya relatif sama dengan responden random.

Penghargaan yang diberikan oleh Service Quality Award™ merupakan penghargaan yang mempunyai ISSIndex yang baik pada industrinya. Untuk kategori penghargaan pada SQ Award, terdapat 2 kategori yaitu:

Diamond dengan kriteria ISSIndex diatas 4.0000 dan diatas rata-rata industri dan Gold dengan kriteria ISSIndex antara 3.5000 – 4.0000 dan diatas rata-rata industri.

PJ Rahmat Susanta selaku Managing Director Service Excelence dalam sambutannya mengatakan, “Bahwa service itu bukan hanya baik saja, tapi service itu harus melegenda. Mudah-mudahan perusahaan-perusahaan pemenang SQ Award menjadi legenda service di Indonesia, ” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.