Kenali Ragam Jenis Plastik Beserta Bahayanya

0
2878

jenis plastikwww.marketing.co.id –┬áPlastik sudah menjadi barang umum yang kita temui setiap hari. Mulai dari botol minum, tempat makan, tempat sabun dan sampo, semuanya dari plastik.

Plastik-plastik yang sudah tidak kita gunakan menjadi sampah plastik. Masalahnya sampah plastik tidak bisa diuraikan oleh mikroba-mikroba seperti sampah-sampah organik, sehingga itu menjadi limbah yang merugikan kita.

Jenis plastik sangat beragam, dan cara daur ulangnya berbeda-beda tiap jenisnya. Oleh karena itu, pada tahun 1988 Society of the Plastic Industry melakukan pengkategorian agar mempermudah proses daur ulangnya. Mendaur ulang plastik dapat mengurangi limbah, emisi karbon dioksida, nitrogen oksida, dan sulfur dioksida, yang berdampak buruk bagi lingkungan.

Walaupun plastik tidak berhubungan dengan pekerjaan kita, tapi ada pentingnya untuk mengenal kategori plastik. Sebab, ada beberapa jenis plastik yang bisa membahayakan bagi kesehatan kita.

Pengkategorian plastik dilakukan dengan cara memberi logo recycle dengan angka 1 sampai 7 di tengahnya. Berikut kategori plastik dan penjelasan singkatnya.

PET atau PETE (Polyethylene Etilen Terephalate)

Polyethylene Etilen Terephalate dilambangkan dengan logo recycle dengan angka 1 di tengahnya. Plastik jenis ini biasanya digunakan untuk botol minum kemasan, botol minyak goreng, dan semacamnya. Plastik PET ini tidak boleh digunakan berulang kali karena dapat mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker.

HDPE (High Density Polyethylene)

High Density Polyethylene, plastik jenis ini bisa kita temukan pada botol-botol susu, Tupperware, juga galon air minum. Dibandingkan dengan PET, plastik ini lebih tahan panas dan cukup aman digunakan berulang kali. Plastik jenis ini dilambangkan dengan logo recycle dengan angka 2 di tengahnya.

PVC (Polyvinyl Chloride)

Polyvinyl Chloride atau PVC dilambangkan dengan angka 3. Plastik ini bersifat keras dan kuat, dan biasa digunakan untuk pipa paralon. PVC mengandung klorin yang bersifat racun bagi tubuh kita, sehingga berbahaya jika bereaksi dengan makanan yang kemudian masuk kedalam tubuh kita.

LDPE (Low Density Polyethylene)

Low Density Polyethylene merupakan plastik yang aman untuk bahan makanan. LDPE bersifat fleksibel dan tahan terhadap reaksi kimia. Plastik ini dilambangkan dengan angka 4.

PP (Polypropylene)

Polypropylene kuat dan tahan panas. Plastik PP merupakan plastik terbaik untuk menyimpan makanan dan minuman. Oleh karena itu, jika mencari tempat makan atau botol minum berbahan plastik, pilihlah yang berangka 5 yang melambangkan plastik PP.

PS (Polystyrene)

Polystyrene dilambangkan dengan logo recycle dengan angka 6 di tengahnya. Plastik ini tidak tahan panas, dan sangat berbahaya jika bersentuhan dengan makanan yang akan kita makan. Untuk menghindari bahayanya, jangan menggunakan tempat makan dan minum sekali pakai yang terbuat dari styrofoam.

OTHER (Polycarbonate)

Plastik yang tidak masuk 6 kategori di atas akan masuk ke kategori ini, dan dilambangkan dengan angka 7. Biasanya bersifat kuat, kaku, tahan panas, dan tidak mudah reaksi kimia. Namun tidak semuanya demikian, maka dari itu ada baiknya untuk berhati-hati dalam menggunakan plastik jenis ini.

Dari beberapa jenis plastik di atas, ada tiga yang berbahaya, yaitu nomor 3, 6, dan 7. Jangan pernah memanaskan keempat plastik tersebut, dan jangan terlalu sering menggunakannya. Untuk plastik PET, lebih baik untuk digunakan sekali saja.

 

(dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.