Kesalahan Konyol Para Pemasar

kesalahan marketer

Marketing.co.id – Jika ingin pemasaran Anda dapat meningkatkan penjualan, jangan membuat kesalahan-kesalahan umum berikut ini.

Ketika pemasaran dilakukan dengan baik, itu dapat membantu tim penjualan menghasilkan lebih banyak pendapatan. Namun, tim pemasaran banyak melakukan hal-hal yang dapat menghabiskan banyak uang tapi tidak menghasilkan apa-apa  Berikut beberapa kesalahan konyol marketer.

Bersikeras pada satu pesan

Beberapa pemasar memiliki ide aneh : “Jika semua orang di perusahaan mengulangi pesan yang sama persis, pada akhirnya pelanggan akan yakin bahwa pesan itu benar. “ Padahal pelanggan yakin dengan pesan yang disesuaikan dengan masing-masing kondisi.

Percaya bahwa Anda membaca brosur

Beberapa pemasar percaya dengan kemampuan brosur dalam menghasilkan permintaan untuk penawaran perusahaan. Padahal, pelanggan hampir tidak pernah membaca brosur dan menggunakannya untuk mengukur seberapa banyak uang yang mereka keluarkan.

Berbicara dengan (satu) pelanggan

Beberapa pemasar bersikeras bahwa jika pelanggan ‘tidak mengerti’ dengan penawaran sebuah perusahaan, itu karena tidak cukup banyak orang telah berbicara kepada pelanggan. Padahal  satu-satunya cara agar pelanggan ‘memahami’ adalah dengan mendengarkan dan beradaptasi dengan apa yang mereka ingin beli.

Beranggapan bahwa pemasaran adalah suatu hal yang strategis

Beberapa pemasar berpikir kegiatan yang mereka lakukan sangat strategis dan tidak perlu diukur. Padahal, pemasaran yang efektif seluruhnya terdiri dari kegiatan taktis yang dapat meningkatkan pendapatan penjualan.

Bercerita kepada penjual bagaimana menjual

Beberapa pemasar berusaha untuk melatih tenaga penjualan untuk menjual berdasarkan pengalaman mereka dalam pemasaran. Padahal penjualan itu seperti sex, Anda mungkin tidak bisa menjelaskan bagaimana melakukannya dengan baik kecuali jika Anda sudah melakukannya.

Mengeluarkan anggaran pada merek untuk memperbaiki masalah produk

Beberapa pemasar percaya bahwa investasi besar dalam mengembangkan merek dapat menambal masalah seperti kualitas buruk atau layanan buruk pada produknya sendiri. Padahal, kampanye merek yang ditujukan untuk memperbaiki masalah produk hanya memberikan masalah-masalah publisitas yang besar.

Menjalankan iklan yang menyerang pesaing

Beberapa pemasar percaya bahwa produk Anda bisa dalam posisi positif dalam kompetisi negatif. Faktanya, iklan yang menyerang kompetitor justru makin memperlihatkan kenyataan bahwa kompetitor adalah pemimpin pasar pada industri tersebut.

Menyalahkan penjualan

Beberapa pemasar beranggapan bahwa tim sales bakal menjual lebih banyak jika tim tersebut mampu menindaklanjuti rintisan yang dibuat para pemasar. Padahal sesungguhnya, tim sales tak pernah mengabaikan rintisan yang potensial. Masalahnya adalah tak semua rintisan tersebut dapat diolah seketika itu juga.

Itulah beberapa kesalahan pemasar. Adakah kesalahan-kesalahan pemasar lain yang Anda temukan? Beritahu kami dalam kolom komentar.

Sumber: INC.COM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.