Marketing.co.id– Banyak yang tidak menyadari buzz di sekitar media sosial. Padahal banyak konsultan diluar sana ramai-ramai yang menyatakan manfaatnya.
Mungkin anda pernah mencoba sosial media marketing, tapi kurang berhasil dalam menjalankannya dan bertanya-tanya apa penyebabnya?
Ketidakberhasilan anda dalam menjalankan sosial media marketing mungkin disebabkan karena anda membuat satu atau lebih dari kesalahan sosial media marketing dibawah ini.
Tidak memiliki tujuan yang jelas
Sekedar berpartisipasi di media sosial bukanlah tujuan yang jelas. Semua orang pun melakukan hal yang sama. Anda harus menguraikan tujuan yang ingin dicapai dan memikirkan langkah berikutnya yang akan anda gunakan untuk membangun klien baru di media sosial.
Profil media sosial Anda tidak lengkap
Kebanyakan situs media sosial menawarkan anda untuk mengisi informasi tentang data diri anda dengan lengkap, sehingga memungkinkan anggota lain mengetahui semua tentang anda.
Memberikan informasi lengkap tentang anda di sebuah situs memungkinkan anggota lain untuk memutuskan apakah mereka akan melakukan bisnis dengan anda atau hanya ingin mengikuti atau ‘berteman’ dengan anda.
Tidak ada website dalam profil pemasaran sosial Anda
Ketika anda berkomunikasi dengan orang secara online, mereka mungkin ingin tahu lebih banyak tentang diri anda dan perusahaan…salah satu yang mereka ingin lihat adalah website anda. Jika anda tidak memilikinya, atau mereka tidak menemukannya pada profil jaringan anda, kredibilitas bisnis anda akan menderita.
Tidak memiliki sebuah situs web
Media sosial bukanlah pengganti atau mengganti sebuah situs web…kenapa? Untuk satu hal, anda tidak memiliki media sosial. Jika mereka mengubah aturan atau tiba-tiba memutuskan untuk membebankan biaya yang terlalu tinggi, anda bisa kehilangan kehadiran anda dan cara utama untuk berkomunikasi dengan target pelanggan anda.
Interaksi sosial media harus dibuat semudah mungkin bagi orang-orang yang ingin berkomunikasi dengan anda. Salah satunya dengan menyajikan website. Dengan begitu pelanggan akan mudah untuk melihat produk dan jasa yang anda jual dan melakukan pembelian secara online.
Tweeting puluhan promosi yang sama
Jika seseorang melihat halaman Twitter anda dengan puluhan tweet promosi yang sama, anda akan terdengar seperti burung beo yang hanya belajar frase tunggal?
Jika anda tidak akan menyebut teman anda setelah satu jam untuk berulang kali menyampaikan pesan yang sama, jangan melakukannnya pada jejaring sosial.
Meminta maaf terlebih dahulu
Jika anda merasa harus meminta maaf terlebih dahulu atau memperingatkan pengikut anda tentang beberapa postingan. Sebaiknya anda membuat ID baru yang bisa anda gunakan untuk update status setiap saat.
 Setelah itu anda bisa mengirimkan sebuah postingan ke pengikut anda dengan maksud mengarahkan mereka untuk mengikutinya. Dengan begitu, mereka yang membutuhkan informasi dari anda akan mendapatkannya dan mereka yang tidak menginginkannya tidak akan terganggu.
Sering salah mengeja kata-kata
Sering salah dalam mengeja kata-kata akan membuat anda terlihat tidak profesional. Masalah tersebut dapat di atasi dengan mengetikkan tweet dalam program pengolah kata dan mengeja untuk memeriksa setiap kata sebelum anda mempostingnya ke jejaring sosial anda.
Akun pribadi dicampur dengan bisnis.
Jangan mencampur adukkan akun pribadi anda dengan bisnis. Pengikut bisnis anda mungkin tidak ingin tahu kalau anda dan keluarga pergi ke danau beberapa hari lalu.
Memiliki kehadiran pribadi sangat tidak professional.
Ya, kehidupan pribadi anda adalah kehidupan pribadi anda. tetapi jika seseorang yang tertarik pada bisnis anda kemudian melakukan pencarian layanan dengan nama anda di web lalu menemukan halaman Facebook yang memperlihatkan anda sedang mabuk-mabukkan kemungkinan besar mereka tidak mau berbisnis dengan anda.
Memasukkan tweet dengan hash tag
Menggunkan Twitter dengan hashtag dapat membantu menargetkan pesan anda ke niche tertentu yang akan tertarik pada pesan anda. Tapi, jika terlalu banyak hashtag dalam satu tweet akan tampak seperti spammer.
Sebagai contoh satu tweet, saya berhasil menemukan semua barang #beriklan, #kedokteran, #gigi, #hukum, #kesehatan, #bisnis,#perkantoran, #keuangan, #manajemen.
Tidak mengukur hasil akhir anda.
Jika anda tidak memiliki cara untuk mengukur hasil media sosial marketing, anda tidak akan tahu apakah itu bekerja untuk anda. Memang, anda dapat melihat jumlah teman dan pengikut yang terus meningkat setiap saat. Tapi berapa banyak dari mereka yang benar-benar mendengarkan anda dan melihat ke dalam produk atau jasa anda menggunakan koneksi jeringan sosial anda?
Tentukan metrik yang masuk akal bagi anda (misalnya, kunjungan penjualan yang dihasilkan dari arahan situs media sosial ke situs web?) dan kemudian merekam dan menganalisa angka. Lanjutkan apa yang sudah sesuai dengan tujuan anda dan membuat perubahan yang meningkatkan hasil dari usaha yang tidak produktif. (BKH)
Untuk terjun ke dunia social media, kita harus bisa menafaatkan semua channl untuk optimalisasi. Jadi bukan hanya twitter dan facebook saja. meskipun kedua socmed tersebut adalah yang paling masif digunakan di INdonesia
@beanpedia