Kiat Agar Situs Mobile-Friendly

0
749

Mobile FriendlinessGoogle melakukan perubahan besar pada algoritma mesin pencarian.

Sebelumnya, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat itu telah memberi andil sangat besar pada mesin pencarian seperti meluncurkan algoritma Panda, Penguin dan Hammingbird.

April tahun ini Google resmi melakukan update algoritma yang ditujukan kepada pengguna smartphone atau mobile phone dalam melakukan pencarian. Google ingin tampilan situs sesuai dengan perangkat mobile.

Menurut Anggriawan Sugianto, Chief Technology Officer (CTO) Suitmedia, perusahaan konsultan digital pengembangan aplikasi web dan mobile, menjelaskan ada dua pihak yang akan mendapatkan manfaat dari perubahan algoritma ini.

Pertama, pengguna search engine akan mendapatkan user experience yang lebih baik ketika menggunakan piranti mobile karena situs yang akan direkomendasikan oleh Google sudah dioptimasi untuk piranti mobile.

Kedua, pemilik situs yang sudah mobile-friendly akan mendulang kenaikan ranking untuk keyword-keyword yang terkait dengan kontennya.

Perubahan algoritma ini menuntut kesigapan bagi pemilik situs yang belum mobile friendly.

Karena itu Anggriawan Sugianto menyarankan pemilik situs segera mengecek source code atau menggunakan tool Mobile-Friendly Test dan Mobile Usability Report dari Google.

Anggriawan Sugianto mengatakan secara umum ada dua pendekatan agar situs menjadi mobile friendly.
Pertama, adaptive web design, yaitu memiliki dua atau lebih situs yang berbeda, satu dengan fitur yang lengkap untuk disajikan ke pengunjung yang menggunakan piranti desktop atau laptop, dan satu lagi situs dengan fitur terbatas yang sudah diminimalisir untuk kebutuhan piranti mobile saja. Dengan pendekatan ini, situs akan disajikan secara otomatis (dynamic serving) tergantung melalui piranti apa pengguna mengaksesnya.

Kedua responsive web design, yaitu satu situs yang bisa menyesuaikan tampilannya sendiri secara otomatis tergantung piranti atau ukuran layar dengan cara memanfaatkan teknologi CSS terbaru. Investasi yang Anda perlukan pun cukup satu kali saja untuk bisa mencakup berbagai macam ukuran layar. Editor: Lutfi Jayadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.