Kiat Menciptakan Loyalitas Pelanggan Ala Apple

0
7581

customer loyalty

Salah satu tujuan utama Apple, Inc. adalah memelihara dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Berikut beberapa manfaat dari loyalitas Pelanggan:

  • Pelanggan yang loyal membeli produk perusahaan secara kontinyu dan biasanya mereka membeli dalam jumlah yang banyak.
  • Mereka cenderung enggan beralih ke pesaing bahkan ketika pesaing menawarkan insentif.
  • Sering kali, mereka bersedia menerima kenaikan harga dan perubahan lainnya.
  • Mereka merekomendasikan merek kepada orang lain – membantu perusahaan meningkatkan basis pelaggan.
  • Loyalitas pelanggan memungkinkan perusahaan mengurangi biaya marketing.

Itulah beberapa manfaat loyalitas pelanggan yang didapatkan Brand Keys dengan cara mengidentifikasi perusahaan besar di banyak industri yang memiliki pelanggan setia seperti, Apple, Samsung, Amazon, Wal-Mart, L’Oreal, dan lainnya.

Mereka berhasil membujuk banyak orang membeli produk dan mengubahnya menjadi pelanggan setia. Data yang didapat Brand Keys menyebutkan, orang rela membeli notebook, smartphone dan tablet dari Apple dan Samsung yang lebih mahal, meskipun banyak versi yang lebih murah keluaran pesaing dua merek tersebut.

Tenang, meski bisnis Anda tidak sebesar Apple, Anda dapat mencapai “Apple Loyalty Effect” menggunakan beberapa strategi berikut:

Menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik

Layanan pelanggan yang helpful, ramah, dan efisien akan meninggalkan kesan mendalam serta memotivasi orang untuk datang kembali. Berinvestasilah dalam petugas customer service yang terlatih dan membuatnya mudah menyelesaikan masalah apapun yang mungkin timbul.

Berani tampil beda

Mungkin saja pesaing Anda menawarkan produk atau layanan serupa. Untuk itu, Anda perlu menciptakan sesuatu yang bisa membedakan perusahaan Anda dari mereka. Desain yang simpel, logo yang mudah dikenali, strategi marketing yang inovatif, atau produk dengan beberapa fitur tambahan akan membuat pelanggan mengingat perusahaan dan membuat mereka kembali kepada Anda.

Beri pelanggan informasi dengan baik

Website yang dirancang dengan baik, buletin yang informatif, media sosial, dan blog hanya beberapa kanal di mana pelanggan dapat mempelajari produk yang sudah ada dan yang akan datang, penjualan, dan acara khusus. Buatlah konten yang informatif, menghibur dan bermanfaat.

Membuat pelanggan merasa istimewa

Pelanggan biasanya lebih emosional ketimbang rasional dengan merek favorit mereka. Dorong loyalitas pelanggan dengan menciptakan emosi positif yang berhubungan dengan produk atau jasa.

Caranya bisa dengan memberikan sentuhan pribadi: mengingat ulang tahun, nama, kesukaan, mengirim kartu tulisan tangan atau mengirim bunga pada acara-acara khusus, atau menelepon pelanggan – semua itu pasti akan dihargai oleh pelanggan setia Anda.

Penawaran hadiah  dan diskon

Uang adalah motivator hebat dan pelanggan akan selalu datang kembali jika ditawarkan diskon dan hadiah. Beberapa strategi yang bisa dilakukan mungkin sebagai berikut: pelanggan mengumpulkan poin atau belanja minimal untuk mendapatkan diskon atau penawaran gratis, sampel gratis, hadiah, dan kupon, perusahaan menawarkan layanan gratis seperti pengiriman, pertukaran, atau pengembalian dan seterusnya.

Mengadakan acara ekslusif bagi pelanggan setia

Hal ini memang sangat tergantung pada bisnisnya, namun Anda dapat memperoleh keuntungan dari pelanggan setia dengan mengadakan acara penjualan ekslusif, makan malam, atau seminar yang disesuaikan dengan minat pelanggan dan produk. Misalnya jika Anda menjual peralatan masak, tawarkan pelajaran memasak dengan koki lokal.

Hargai umpan balik pelanggan,

Semua orang suka didengar, dan ketika pelanggan mengetahui masukan mereka berpengaruh, itu membuat mereka merasa dihargai. Mereka menjadi lebih dekat dengan perusahaan karena mereka merasa telah memberikan kontribusi pribadi.

Membuat program loyalitas pelanggan

Tawarkan hadiah kepada pelaggan tetap Anda yang tidak tersedia untuk masyarakat umum. Semua orang suka diperlakukan secara ekslusif!

Menciptakan nilai merek

Orang menjadi pelangan setia karena ada beberapa nilai yang dirasakan terkait dengan merek tertentu. Pelajari apa nilai-nilai yang paling dihargai pelanggan setia dan tingkatkan.

Pelanggan setia tak ternilai harganya dan merupakan tulang punggung setiap perusahaan. Mereka membuat bisnis Anda hidup, membawa pelanggan baru, dan tentunya meningkatkan keuntungan. Dengan demikian setiap perusahaan perlu melakukan segala kemungkinan untuk memelihara pelanggan setianya.

Editor: Wahid FZ, Sekar Ayu Sumber: CustomerServiceExperience

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.