Kiat Sederhana Jadi Investor Sukses

0
1181

kiat investorMemasuki dunia investasi tak selamanya mulus. Ada peluang dan tantangan yang dihadapi. Untuk menjadi investor sukses diperlukan ketekunan dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Meski demikian ada beberapa cara sederhana yang bisa dipraktikkan untuk menjadi seorang investor yang sukses.

1. Perhatikan biaya-biaya investasi

Fokus utama yang harus diperhatikan kala menjadi seorang investor adalah soal biaya. Segala jenis investasi pasti membutuhkan biaya. Pastikan Anda mengerti dahulu biaya-biaya apa yang akan dikeluarkan untuk memulai investasi. Sebagai permulaan biaya yang wajib keluar digunakan untuk modal investasi Anda. Selanjutnya ada biaya-biaya investasi lain yang perlu dibayar seperti biaya administrasi / biaya pemrosesan, biaya pendaftaran, biaya transaksi, biaya broker, komisi, materai dan pajak. Setelah Anda mendata biaya-biaya yang harus dikeluarkan maka catat setiap bulan pengeluaran untuk membayar biaya-biaya tersebut. Sehingga jangan sampai ada yang terlewat bahkan hilang.

Selain itu, ada biaya lain yang tidak terlihat. Wujudnya berupa biaya kesempatan (apa yang Anda korbankan untuk mengambil tindakan tertentu), fleksibilitas pribadi (misalnya kewajiban untuk melunasi KPR Anda selama 20 tahun ke depan), dan stres (misalnya susah tidur karena rugi berinvestasi).

2. Hindari memprediksi masa depan

Anda bukan peramal yang bisa memperkirakan kapan investasi Anda untung atau rugi. Termasuk berharap bahwa investasi yang Anda ambil selalu mengalami keuntungan. Ingat, investasi itu bisa juga merugi. Untuk menghindari prediksi Anda yang tidak tepat lebih baik lakukan sistem analisis. Setiap pelaku investasi memiliki analisis terhadap produk investor yang dia jalani. Misalnya, investasi analis / pialang saham menyusun daftar saham dengan rekomendasi jual-beli berdasarkan prediksi mereka tentang kinerja perusahaan di masa depan. Bahkan seorang agen real estate mampu menghasilkan grafik yang menunjukkan prediksi harga dari harga properti selama 20 tahun ke depan dengan analisis.

3. Fokus pada prioritas

Prioritas di sini mencakup pada produk investasi yang Anda geluti. Dari puluhan ribu produk investasi, pilih satu atau dua yang sesuai dengan kemampuan Anda. Pastikan Anda paham betul seluk-beluk mengenai produk investasi yang akan Anda pilih. Fokus pada satu atau dua produk investasi yang akan dipilih membuat Anda lebih mumpuni memantau dan mengaturnya. Plus terhindar dari segala bentuk kerumitan dan kerugian. Ada baiknya investasi juga didasari dengan pengetahuan Anda. Jadi, jangan sampai salah mengambil produk investasi.

Cara sederhana ini bisa dipraktikkan setiap hendak mengambil keputusan berinvestasi. Pastikan Anda punya 3 modal dasar di atas supaya bisa sukses menjadi seorang investor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.