KiosTix dan Prasetiya Mulya Gelar Diskusi Cara Bikin Event Kreatif

Marketing – KiosTix bekerjasama dengan Universitas Prasetiya Mulya menggelar “Ruang diskusi” bertajuk “Event Creation & Effective Event Marketing Through Social Media”, Rabu (10/7). Selain dari KiosTix, pembicara dari akademisi dan praktisi event creator yang sukses menyelenggarakan konser musik, Meranoia Festival.

Menurut Andhika Soetalaksana, VP Sales & Partnership KiosTix, hiburan merupakan kebutuhan setiap orang, tak heran jika seperti event musik dan olahraga akan selalu diminati dan berkembang. Event pun menjadi salah satu bagian dari MICE yang menarik para investor.

“Berinvestasi dalam industri event termasuk ticketing, pun, menjadi pilihan yang strategis bagi investor. Namun, tambang emas investasinya adalah membangun komunitas. Saat kita membangun komunitas, mereka akan mendukung event kita. Ruang Diskusi selain untuk edukasi, juga membangun komunitas,” ujar Andhika. Salah satu komunitas yang yang dibidik KiosTix adalah milenial, khususnya yang memilik hobi berkumpul dan nonton bareng.

Pada kesempatan yang sama, Hanesman Alkhair, Faculty Member Prasetiya Mulya mengatakan, Ruang Diskusi ini sangat penting bagi mahasiswa S1 Event di Universitas Prasetiya Mulya. Karena salah satu syarat kelulusan mahasiswa  harus menyelenggarakan sebuah event.

“Prasetiya Mulya merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang mempunyai jurusan S1 Event. Sejak dibuka tahun 2015, kami ingin menciptakan anak-anak muda menjadi destination orchestrator di daerah asal mereka,” kata Hanesman.

Ia berharap, mahasiswa dapat membuat event di daerah dengan menyatukan beragam stakeholders seperti UMKM, pariwisata, komunitas, pemerintah daerah, dan sponsor. Jika saat ini mahasiswa belajar dari para praktisi, maka kelak dapat menjadi salah satu kontributor peningkatan pertumbuhan ekonomi di daerah.

Andhika juga membagi pengalaman KiosTix dalam mengelola event yang sukses dan menguntungkan. “KiosTix ingin berbagi pengalaman dan menularkan ilmu-ilmu kepada teman-teman yang ingin terjun ke dunia industri event, baik itu event musik, olahraga, atraksi, dan hiburan lainnya,” ujar Andhika.

Suasana diskusi “Ruang diskusi” bertajuk “Event Creation & Effective Event Marketing Through Social Media”, Rabu (10/7)

Dia memaparkan bagaimana strategi manajemen event, mulai dari ide, membuat anggaran, memilih artis, memasarkan, sampai mengelola keamanannya. Ruang Diskusi semakin semarak, ketika Daffa Ananda dan Hasyim Arif, event creator Meranoia Festival berbagi pengalaman bagaimana festival musik yang dikelolanya sukses dan lancar. Event yang menghadirkan lebih dari 30 musisi ternama ini berhasil menarik ribuan penonton yang berlangsung di Istora Senayan pada 22 dan 23 Juni 2019 lalu.

Hasyim Arif, Project Officer Maranoia Festival mengatakan, ide awal Maranoia Festival yakni ingin mengajak orang datang ke festival musik untuk bernyanyi bersama bertema cinta, bukan hanya untuk menonton penyanyi idolanya.

“Kami putuskan membuat  festival musik yang mempunyai garis benang cinta, makanya artis-artis yang mengisi  acara juga adalah mereka yang dikenal sebagai penyanyi bertema lagu-lagu cinta,” kata  Hasyim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.