Kiprah Google di Usia yang ke-15

0
763

Jika Anda mengetikkan Google.com pada hari ini dan masuk ke Goodle doodle, Anda pasti menemukan gambar baru dengan tambahan tombol play di tengahnya. Coba klik tombol tersebut, Anda akan dibawa ke sebuah game memukul piñata berayun yang dapat mengeluarkan permen.

Hal itu dilakukan oleh sang raksasa teknologi untuk merayakan hari ulang tahunnya yang ke 15. Tapi, apa saja yang kira – kira dilakukan Google pada ulang tahunnya yang genap memasuki masa remaja ini?

google doodle
Google doodle

The Guardian menjelaskan, di ulang tahun yang ke 15, Google telah banyak meng-update mesin pencarinya agar lebih responsif terhadap kata kunci yang diketik para user.

Google search engine memang produk utama dari perusahaan multinasional yang khusus memproduksi barang atau jasa di bidang perkembangan internet. Coba bayangkan, bagaimana hidup bila tanpa mesin pencari. Sekarang, anak sekolah dapat dengan mudah mengerjakan tugasnya dengan hanya mencari tahu dari Google, “Siapapun dapat mencari apapun”. Jadi sangat wajar bila Google terus meng-update validitas mesin pencarinya secara berkala.

Ketenaran mesin pencari berbanding lurus dengan meningkatnya harga iklan di Google. Iklan di sini berfungsi untuk mempromosikan laman perusahaan dengan kata kunci tertentu. Untuk tahun ini, Google memprediksi akan mendapat pemasukan sebesar US$ 60 miliar, hanya dari iklan di mesin pencarinya.

Meski begitu, Google bukanlah satu – satunya mesin pencari yang beroperasi. Mesin pencari pertama yang muncul adalah W3Catalog dan Aliweb pada tahun 1993. Setelah itu, banyak produsen yang mengikuti membuat sebuah mesin pencari, seperti Go.com (Yahoo Search) dan Lycos di tahun ’94, Alta Vista dan Yahoo! Pada tahun ’95, Inktomi (diakuisisi Yahoo!) dan Ask Jeeves (ask.com) ’96, Northern Light dan Yandex ’97, kemudian Google dan MSN Search di tahun ’98.

mesin pencari
Peringkat mesin pencari berdasarkan data dari Wikipedia

Perkembangan mesin pencari pun terus berlanjut sampai sekarang, dimulai dengan kemunculan Naver, Baidu, AOL Search, Bing, Cuil, dan lain sebagainya. Namun, tampaknya Google masih menguasai dunia search engine.

Tak hanya mesin pencari, Google juga melakukan inovasi ke banyak hal lain. Seperti memproduksi OS Android untuk ponsel, Google Glass, dan yang terbaru adalah Calico, yaitu produk Google yang kabarnya bisa melawan kematian.

Dari TIME mengenai Google Calico
Dari TIME mengenai Google Calico

Dengan teknologi digital, Google seperti memperbaiki sistem kesehatan di dalam tubuh (reboot digital health movement). Menurut situs berita Forbes, beberapa kritikus menganggap bahwa Calico ini mungkin membantu dalam bidang kesehatan (penyembuhan penyakit), tapi tidak membantu menambah usia manusia hingga 150 tahun.

At the end, mari kita ucapkan selamat ulang tahun yang ke-15 untuk Google!

 

Sumber: Forbes, The Guardian | Editor: Wachid Fz | Foto: Google, Wikipedia, Time

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.