Kirim Wangi Kopi Anda Dengan oPhone

0
839

oPhoneJika Google Nose adalah lelucon April Fools dari Google, tidak dengan alat ini. oPhone benar-benar dapat membuat Anda bisa mengirim wewangian ke teman Anda.

Masih ingat dengan Google Nose, kan? Ini adalah lelucon tentang fitur baru Google yang bisa memberikan Anda wangi dari yang Anda ketik. Seperti bau kopi, bunga dan lain-lain. Kurang lebih, begitulah cara kerja oPhone. Alat berbentuk silinder ini terhubung dengan smartphone sebagai kontrolnya.

Profesor dari Harvard, David Edwards bersama kedua muridnya, Rachel Field dan Amy Yin adalah orang yang berperan dalam pengembangan alat komunikasi uap ini. Penelitian yang dilakukan di Le Laboratorie (Le Lab) di Paris ini telah dipamerkan beberapa kali setahun belakangan.

Terkoneksi menggunakan Bluetooth, aplikasi oNotes di smartphone akan mengirim pesan berupa email, tweet, atau SMS tentang bau yang dikirim. Pada oNotes si penerima, akan tertulis pesan itu kemudian oPhone akan mengeluarkan wewangian tersebut.

Dalam demonstrasi di Le Lab musim panas lalu, Edwards dan para muridnya memamerkan kemampuan prototype dari oPhone tersebut. Edwards memilih bau kopi yang dianggap universal untuk dikirim melalui smartphonenya ke oPhone temannya. Hasilnya, dalam hitungan detik, wangi kopi tersebut sudah bisa dicium oleh si penerima.

Para pengguna awal mengatakan bahwa bau yang dihasilkan oleh oPhone bersifat personal. Wewangian itu berbeda dengan pengharum udara kamar mandi biasanya. Mengombinasikan wewangian dari resep dan membuat wewangian kompleks juga dapat dilakukan oleh oPhone.

Sejak percobaan itu, dia berfokus untuk membuat alat ini dapat digunakan secara luas oleh konsumennya. Untuk smartphone biasa, sekotak oPhone awal akan dilengkapi dua alat sehingga bisa menggabungkan dua aroma untuk dinikmati. Seperti mengombinasikan aroma secangkir kopi dilengkapi dengan wangi roti yang eksotis.

“Saya menyadari bahwa setiap kali ada pendekatan baru untuk melakukan sesuatu, dibutuhkan waktu untuk membiasakannya,” ujarnya dilansir dari Smitsonian tentang ide yang tidak biasa ini.

Digitaltrends mendeskripsikan oPhone sebagai gadget yang “sangat menarik, secara teknis kreatif, futuristis, dan lebih dari sedikit gila.”

Sebenarnya, kemampuan mengirim bau melalui pesan ini bukan yang pertama kalinya. Alat bernama Chat Perf yang berasal dari Jepang juga memiliki fungsi yang kurang lebih sama. Tapi hal yang menonjol dari oPhone adalah begitu banyaknya wewangian yang dapat dibuat.

Biar bagaimanapun, sepertinya oPhone akan memperkaya alat komunikasi sehingga halangan komunikasi tersebut secara perlahan akan terkikis. Rencananya, alat ini akan dikeluarkan secara komersial pada bulan-bulan akhir 2014 ini.

Sumber: berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.