Bangun Komunitas, Chandra Ingin Alumni UI Bangkit dan Bersatu

0
1388

“Pulang Kampus”, Chandra Hamzah Bangun Komunitas Startup UIMarketingcoid –  Dukungan pemerintah terhadap usaha rintisan (startup) berbasis teknologi membuat pertumbuhan startup di tanah air menjadi begitu pesat. Ekosistem penunjang seperti coworking space, inkubator, hingga event coaching pun kini bermunculan.

Tren positif ini disambut positif Chandra Hamzah, advokat dan mantan komisioner KPK, dengan memulai program entrepreneurship bagi alumni UI (Universitas Indonesia).

“Saya ingin membangun sebuah komunitas startup yang terdiri dari para alumni UI. Tujuannya agar terbangun simbiosis mutualisme dari alumni yang telah berhasil dibidang bisnis dengan mereka yang baru akan memulai,” kata Chandra.

Sebagai langkah nyata, Chandra membuat program bertajuk Startup Booster. Program tersebut merupakan bagian dari agenda Kita Makara yang akan menjadi one stop solution bagi para alumni UI yang ingin memulai karier sebagai entrepreneur.

Kita Makara merupakan lambang Universitas Indonesia. Melalui semangat itu,  Chandra ingin alumni UI bangkit, bersatu dan bersama-sama berbuat yang terbaik bagi masyarakat.

“Jumlah alumni UI yang aktif sampai saat ini sekitar 300 ribuan. Dengan menggunakan teknologi berbasis internet dan didukung  forum semacam ini diharapkan dapat menyatukan para alumni,” lanjut Chandra.

Program nyata Startup Booster antara lain pemberian wadah berupa coworking space, event startup meetup, pembentukan komunitas, konsultasi dan fasilitas pendaftaran merek serta MOOC (Massive Online Open Course).

Coworking space dihadirkan sebagai wadah berkumpul para alumni UI untuk sharing pengetahuan  dan pengalaman. Dalam kegiatan ini akan dilakukan serangkaian event startup meetup yang memungkinkan para alumni bertatap langsung dengan para expert di bidangnya.

Sementara MOOC akan menghadirkan beberapa alumni untuk melakukan coaching dengan beragam topik relevan, seperti pembuatan business model dan planning, funding, branding, hingga go to market.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.