Kolaborasi Mastercard dan Grab untuk Meningkatkan Ketarampilan Digital Pekerja Informal dan UMKM

bersaing atau kolaborasiKedua perusahaan akan membuat program pelatihan untuk mendukung kewirausahaan digital dan peningkatan keterampilan digital bagi mitra pengendara, pengantaran, dan mitra usaha kecil.

Marketing.co.id – Berita UMKM | Mastercard dan Grab mengumumkan kerja sama regional untuk meningkatkan inklusi digital dan keuangan di kawasan Asia Tenggara. Kerja sama ini akan memberikan akses kepada jutaan pekerja informal dan pelaku usaha di platform Grab ke berbagai pelatihan untuk meningkatkan keterampilan digital yang dapat menciptakan lebih banyak cara dan peluang pendapatan bagi mereka.

Menurut laporan yang baru-baru ini diluncurkan Bain dan Tech for Good Institute, Asia Tenggara perlu fokus dalam meningkatkan kepercayaan dan literasi digital masyarakat untuk mendorong partisipasi ekonomi digital yang lebih besar.

Kerja sama antara Mastercard dan Grab bertujuan mengatasi kesenjangan tersebut dengan memberikan akses kepada masyarakat yang kurang terlayani ke keterampilan inti digital, keuangan, dan bisnis untuk membantu mereka lebih baik dalam mengelola keuangan dan bisnis, serta berpartisipasi penuh dalam ekonomi digital.

Ruang lingkup kerja sama selama dua tahun ini meliputi program pelatihan khusus bagi pekerja informal dan pelaku usaha kecil, meningkatkan akses talenta digital di Indonesia, dan meningkatkan ekonomi digital melalui penelitian dan dialog.

“Memastikan semua masyarakat Indonesia memiliki akses ke jaringan, alat, dan solusi yang mereka perlukan untuk menjadi bagian dari ekonomi digital merupakan tanggung jawab kita bersama. Melalui langkah terbaru dalam kerja sama jangka panjang ini, Mastercard dan Grab berkomitmen mendukung negara-negara seperti Indonesia dalam mewujudkan agenda mereka untuk menciptakan masyarakat yang inklusif secara keuangan dan digital,” kata Safdar Khan, Division President, Southeast Asia Emerging Markets, Mastercard.

“Melalui kerja sama ini, kami dapat menghadirkan program pelatihan berkualitas untuk jutaan orang dan bisnis di platform kami. Kami percaya kerja sama ini memiliki potensi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah,” kata Cheryl Goh, Group Head of Marketing and Sustainability, Grab.

Penandatanganan MoU ini juga mempertegas upaya berkelanjutan kedua perusahaan untuk meningkatkan inklusi digital dan keuangan melalui pengembangan sumber daya manusia dan pelatihan usaha kecil. Pada tahun 2020, Grab telah melatih lebih dari 1,7 juta mitra pengemudi melalui platformnya di berbagai bidang, seperti literasi digital dan keuangan.

Bulan lalu, dengan investasi filantropi awal sebesar $25 juta dari Mastercard Impact Fund, Mastercard meluncurkan Strive, sebuah inisiatif global yang berfokus pada penguatan ketahanan keuangan usaha kecil, serta mendukung pemulihan dan pertumbuhan mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.